Wirandi-IKZ Saling Dukung

Ini Pesan Para Senior

JARRAKPOSLAMPUNG – Pemimpin Redaksi Lampung Pos, Iskandar Zulkarnain (IKZ) menyatakan dukung terhadap pasangan Calon Ketua dan Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung, Wirahadikusumah dan Andi Panjaitan (Wirandi).

Begitu pun dengan Wirandi yang siap mendukung IKZ untuk tetap menempati posisinya sebagai Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Lampung.

Dukungan tersebut disampaikan, pada acara silaturahmi dan doa bersama di kediaman Wirahadikusuma, Kamis (04/11/2021).

“Saya pribadi menyatakan mendukung Wirahadikusumah sebagai calon Ketua PWI Provinsi Lampung,” kata Iskandar.

Kapasitas dan profesionalitas pasangan Wirandi sebagai wartawan, lanjut IKZ,  dalam beroganisasi tidak perlu diragukan lagi.Terlebih, lanjutnya, Wira berpengalaman dalam berorganisasi.

“Di organisasi kemahasiswaan Wira adalah Junior saya, sehingga saya punya kewajiban mendukungnya untuk maju dalam pemilihan ketua PWI,” tegasnya.

IKZ saat menyampaikan sambutan

IKZ dalam kesempatan itu juga mengingatkan, seluruh anggota organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia itu, tetap mempertahankan marwah organisasi. Salah satunya melalui penulisan berita yang sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik.

“Wartawan sekarang dituntut semakin inovatif dan kreatif dalam menyampaikan informasi sesuai perkembangan teknologi informasi yang semakin maju. Namun, kaidah dan kode etik dalam penulisan berita tetap harus di kedepankan untuk menjaga marwah profesi dan organisasi,” terangnya.

Selain IKZ, sejumlah senior dan pengurus PWI Lampung hadir dalam silaturrahmi tersebut diantaranya, Zahdi Basran dan Darwin Rusli Nur yang sempat menyampaikan sambutan dan meminta agar PWI Lampung kedepan tetap solid dan saling rangkul serta mampu menutupi kekurangan satu sama lain.

“Saya berharap siapa pun nanti yang memimpin PWI Lampung, dapat mengakomodir teman-teman yang sebelumnya sama-sama dalam kepemgurusan PWI,” kata mantan Anggota DPRD Lampung itu.

Di tempat yang sama, Wartawan Senior, Novriwan mengungkapkan, ada dua isu yang muncul jelang Konferensi Provinsi PWI Lampung, yakni terkait kemandirian organisasi dan martabat organisasi.

“Siapa yang ngurus PWI saya doakan sehat selamat dunia akhirat. Syaratnya menjaga kemandirian organisasi dan martabat organisasi,” kata mantan wartawan Media Indonesia itu.

Lebih lanjut Novriwan menuturkan, Konferprov PWI Lampung adalah momentum kebahagian bagi wartawan yang tergabung di PWI. Karenanya, romantisme pertemanan di organisasi harus tetap hangat.

Sementara, wartawan senior, Laudi dan Jamhari menyoroti supermasi hukum bagi wartawan agar diperkuat. Sebab, kata mereka, banyak wartawan yang kehilangan kewibawaan, lantaran setiap kasus tidak pernah naik ke meja hijau.

“Sesekali memang perlu setiap kasus kriminal atau kasus hukum lainnya yang disitu wartawan sebagai korban, tidak hanya selesai di jalur damai. Damai boleh, proses hukum harus tetap dilanjutkan, agar ada efek jera,” tuturnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *