Waspada Politik Uang, Bawaslu Lakukan Patroli Pengawasan

Netralitas ASN, TNI/Polri, Kades juga dalam pantauan

JARRAKPOSLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran memastikan akan terus melakukan pengawasan secara ketat setiap tahapan Pilkada di Bumi Andan Jejama, termasuk langkah antisipasi terhadap politik uang di ahir masa kampanye dan masa tenang.

Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando saat launching Program Patroli Pengawasan  Masa Tenang, Sabtu (05/12/2020) diruang Rapat Kantor Bawaslu setempat mengatakan, Patroli Pengawasan yang dilaunching adalah strategi dalam rangka pencegahan dan pengawasan terhadap potensi-potensi pelanggaran yang terjadi setelah tahapan kampanye berakhir.

“Hari ini sesuai dengan peraturan KPU adalah hari terakhir pelaksanaan kampanye oleh pasangan calon. Kami (Bawaslu) telah mengintruksikan kepada seluruh jajaran pengawas pemilu di semua tingkatan se-Kabupaten Pesawaran untuk melakukan patroli pengawasan pada hari tenang tanggal 6,7,sampai 8 Desember 2020,” kata pria yang akrab disapa Ijul itu.

Titik fokus dari Patroli Pengawasan tersebut, lanjut Ijul, terkait dengan kegiatan kampanye di masa tenang dan juga potensi terjadinya politik uang dan materi lainnya yang bisa saja terjadi dilapangan.

Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando saat Launching Patroli Pengawasan

“Besok, semua jajaran pengawas Pemilu di tingkat kecamatan melakukan Apel Patroli Pengawasan, membuka posko pengaduan politik uang dan dilanjutkan dengan pengawasan penertiban alat peraga kampanye yang tersebar di seluruh kabupaten pesawaran,” jelas dia.

Disamping itu lanjut Ijul, pihaknya juga bersama jajaran Pengawas Pemilu akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan gerakan menolak praktik politik uang dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Labupaten Pesawaran.

“Kita sampaikan surat terbuka kepada seluruh masyarakat kabupaten pesawaran yang berisi ajakan untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada dengan Menolak Politik Uang, Berita Hoax, Isu Sara dan juga terkait dengan Netralitas ASN & Aparatur Desa,” uangkapnya.

Hasil Patroli Pengawasan, jelas mantan aktivis PMII itu, akan dilaporkan langsung ke Bawaslu RI melalui Aplikasi SIWASLU.

“Mulai Besok, jajaran kami (Bawaslu) mulai dari  PTPS, PKD, dan Panwascam  se-pesawaran akan melaporkan langsung hasil dari patroli pengawasan ini melalui Aplikasi SIWASLU kepada Bawaslu RI,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *