Urus KTP di Balam Bisa Online, Begini Caranya

JARRAKPOSLAMPUNG – Sebagai solusi atas lambatnya pelayanan pengurusan e-KTP di Bandarlampung, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggagas aplikasi berbasis website dan android untuk pelayanan surat menyurat kependudukan.

Bagaimana cara kerjanya? Kepala Disdukcapil Bandarlampung, Ahmad Zainudin mengatakan, saat ini warga Bandarlampung dapat mengakses laman resmi; https://disdukcapil.bandarlampungkota.go.id/ untuk mengajukan permohonan layanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

Tidak hanya e-KTP, lanjut Zainudin, warga juga bisa mengajukan permohonan layanan pembuatan akta kelahiran dan surat menyurat kependudukan lainnya melalui akses laman tersebut.

“Program pembuatan online ini sudah berjalan dua minggu, filosofinya ini sarana komunikasi yang positif kepada warga Bandarlampung yang serius untuk membuat dokumen kependudukan silahkan buka web di situ. Insya Allah jika teknisnya dan dijalankan sesuai prosedur akan berjalan lancar,” kata Zainudin, Jumat, (07/02/2020).

Setelah mendaftar melaui website, lanjut Zainudin, warga bisa menunjukan bukti pendaftarannya ke loket khusus online yang sudah dua hari ini beroprasi.

“Untuk masa berlaku pendaftaran itu sampai tujuh hari kita tunggu. Jangan lebih dari tujuh hari, kalau lebih akan hangus sendiri,” jelasnya.

Selain mendaftar, tambah dia, masyarakat juga bisa bertanya langsung terkait syarat dan hal lain melalui chatting aplikasi online selama 24 jam.

“Ini merupakan terobosan dalam memberikan kesempatan, ketepatan efisiensi dalam waktu sesuai dengan perkembangan teknologi,” tuturnya.

Dalam waktu dua hari terahir, jelas Zainudin, sudah 3.000 akun yang mengakses laman resmi Disdukcapil.

“Efektif sekali. Sudah lebih dari 3.000 akun yang mengakses chatting online ini. Kita tidak ingin masyarakat menghabiskan waktu karena bolak balik ke Disdukcapil,” tandasnya.

Berikut cara mendaftar e-KTP melaui website Disdukcapil.

1. Masuk ke Laman https://disdukcapil.bandarlampungkota.go.id/
2. Scroll kebawah.
3. Pilih Menu : PENDAFTARAN ONLINE

4. Isi formulir sesuai dengan kebutuhan

5. Setelah isi formulir, ahiri dengan mengklik menu : DAFTAR

6. Simpan Bukti Pendaftaran

7. Siapkan syarat-syarat yang tertera.
8. Tunjukkan pada petugas di Kantor Layanan Satu Atap. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *