Unila Dampingi Desa Legundi, Maksimalkan BUMDes

JARRAKPOSLAMPUNG –  Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung (Unila) yang diketua Siti Khoiriah, S.H.I, M.H menilai, peluang berkembangnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Legundi terbuka lebar. Dilihat dari potensi sumber daya alam Desa Legundi yang masih sangat mungkin dimaksimalkan.

Untuk menumbuhkan gairah ekonomi lokal, kata Siti, BUMDes sangat mungkin memenuhi ekspektasi masyarakat dibidang peningkatan ekonomi.

“Ya, BUMDes merupakan elemen dan instrument penggerak ekonomi masyarakat desa. BUMDes harus dipahami dan dilakukan secara maksimal, agat BUMDes dapat menjadi pusat perekonomian masyarakat desa,” kata Siti, melaui surat elektroniknya yang diterima jarrakposlampung.com, Jumat (08/10/2021) sore.

Keberadaan BUMDes, lanjut Siti, menjadi harapan masyarakat desa untuk meningkatkan ekonomi desa melalui pengelolaan keuangan desa yang di dasarkan pada Anggaran Pembangunan dan Belanja Desa (APBDes).

“Kunci dari keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah entrepreneurship atau kewirausahaan. Bahwa kewirausahaan merupakan kunci dari keberhasilan BUMDes,” tuturnya.

Penguatan BUMDes Pulau Legundi, tambah Siti, merupakan sebuah kebutuhan mendesak untuk mengembangkan potesi ekonomi masyarakat di desa tersebut.

“Ada beberapa solusi yang kami tawarkan untuk perkembangan perekonomian masyarakat Desa Legundi melalui BUMDes. Diantaranya, adanya sosisalisasi kepada masyarakat tentang manfaat dari kuatnya BUMDes,” jelas dia.

Kemudian, lanjut Siti, penguatan kelembagaan BUMDes. Penguatan BUMDes Pulau Legundi sangat perlu dilakukan karena BUMDes Pulau Legundi saat ini belum maksimal dalam mendorong pengembangan potensi ekonomi di masyarakat.

Tim Pengabdian Masyarakat Unila saat memdampingi masyarakat Desa Legundi

“Selama ini yang di lakukan oleh BUMDes Pulau Legundi baru sabatas rutinitas kelembagaan dan belum mampu memfasilitasi untuk pengembangan usaha/poteni di masyarakat,” paparnya.

Tim Pengabdian Masyarakat dari Unila yang beranggotakan Purwanto S.Hum, M.Hum tersebut, juga menyarankan, penguatan jaringan bisnis BUMDes Pulau Legundi. Sebab, kata dia, penguatan jaringan bisnis BUMDes Pulau Legundi ini sangat penting segera dilakukan.

“Sebab jaringan bisnis sangat berkontribusi dalam distribusi potensi atau hasil yang dikembangkan oleh masyarakat yang di fasilitasi oleh penguatan jaringan bisnis BUMDes Pulau Legundi,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *