Tok! KPU Pesawaran Tetapkan Dendi-Marzuki Bupati Terpilih

JARRAKPOSLAMPUNG – KPU Kabupaten Pesawaran menetapkan pasangan Dendi Ramadhona-S Marzuki sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran terpilih, Jumat (22/01/2021).

Penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih berdasarkan keputusan KPU Pesawaran No : 02/HK.03.1-Kpt/1809/KPU-Kab/I/2021 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran tahun 2020.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Dendi-Marzuki ditetapkan sebagai pemenang Pemilukada setelah mendapatkan 130.436 suara.

Suasana pleno penetapan bupati terpilih oleh KPU Pesawaran.

“Tahapan Pilkada tahun 2019, hari ini adalah puncaknya penyelesaian semua tahapan-tahapan sesuai dengan PKPU No. 05 tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal,” kata Ketua KPU Yatin Putro Sugino.

Untuk tahapan selanjutnya, lanjut Yatin, adalah pelantikan calon terpilih, namun hal itu bukan lagi kewenangan KPU Pesawaran. 

“Setelah kita melakukan penetapan maka berita acara ini akan kita sampaikan kepada DPRD, kemudian pasangan calon terpilih dan juga Bawaslu, nah nanti dari DPRD ini akan disampaikan kepada pemerintah untuk dilakukan kapan proses pelantikannya,” tuturnya.

Pelantikan itu sendiri, jelas Yatin, merupakan ranahnya Pemerintah Pusat, karena SK Bupati itu dari Kemendagri. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *