Terasa Hingga Balam, Gempa Tanggamus Tak Berpotensi Tsunami

JARRAKPOSLAMPUNG – Masyarakat Kabupaten Tanggamus dihebohkan dengan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3, Jumat (06/08/2021) yang getarannya terasa di Bandarlampung (Balam). Kendati demikian, masyarakat tidak perlu khawatir, gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung dalam keterangannya mengungkapkan gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami. Gempa  Jum’at pada Pukul 18.08 WIB. Episenter gempa bumi 6,43⁰ Lintang Selatan, 104,58⁰ Bujur Timur. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 106 Km arah Selatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus, pada kedalaman 63 Km.

“Gempa itu tidak berpotensi Tsunami,” kata Rudi bagian Data Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung, sebagimana dikutip dari Lampung Segalaow.

ilustrasi

Menurut BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik,” ujar dia.

Dampak dari gempa ini juga dirasakan diberbagai wilayah, diantaranya di Liwa, Pesisir Barat, Bojong Genteng, Pelabuhan Ratu, Cibadak, Kota Agung, Bandarlampung, Krui, dan Natar.

Damai, salah satu warga Pahoman mengatakan dirinya merasakan guncangan gempa sekitar 10-15 detik.

“Kebetulan saya sedang duduk menunggu Adzan Magrib, tiba-tiba kursi saya goyang, saya kira ada hantu, gak taunya setelah ramai di grup WhatsApp ternyata ada gempa,” ucapnya.

Terpisah, salah seorang warga Gedong Air, Bandarlampung, Lailia mengaku merasan gempa yang bersumber di Tanggamus itu.

“Gempanya terasa dua kali dan cukup kuat,” ujarnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *