Targetkan Pendapatan Rp1,5T, Fokus Pemulihan Ekonomi

JARRAKPOSLAMPUNG – Bupati Pesawaran Dendi Ramadona menargetkan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesawaran tahun 2023 mencapai Rp1,539 triliun lebih. Seimbang dengan anggaran belanja yang diprediksikan di angka yang sama.

“Kondisi perekonomian saat ini tentu akan memberikan pengaruh kepada kinerja pembangunan daerah tahun 2023. Sehingga perencanaan pembangunan antara lain difokuskan pada pemulihan perekonomian,” kata Dendi dalam sambutannya saat rapat paripurna DPRD Pesawaran tentang penyampaian rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2023, Senin (11/07/2022).

Menurut Dendi pendapatan daerah diproyeksikan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp111,608 miliar dan pendapatan transfer Rp1,425 triliun lebih.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadona menyerahkan draf KUA PPAS ke salah satu fraksi.

Sementara, belanja daerah dialokasikan untuk belanja operasi Rp944,758 miliar, belanja modal Rp325,923 miliar, dan belanja transfer Rp240,858 miliar lebih.

“Dalam rancangan KUA-PPAS 2023 tersaji informasi mengenai capaian kinerja, sasaran, dan plafon anggaran sementara APBD. Ini mencakup kerangka ekonomi makro daerah menggunakan asumsi dasar dalam APBD serta kebijakan pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah,” jelas dia.

Dalam menyusun program dan kegiatan dalam KUA-PPAS APBD tahun 2023, lanjut Dendi, sangat disadari masih banyak kekurangan. Karena itu ia berharap ada masukan dan saran dari anggota dewan.

Paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Pesawaran, Suprapto, didampingi Wakil Ketua II Yasir Syamsurya Ryacudu dan Wakil Ketua III Zulkarnaen.

Paripurna dilaksanakan di ruang sidang gedung DPRD di Desa Waylayap, Gedongtataan, yang dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  dan perwakilan Forkopimda. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *