Tampil di Tambud, Orkes Ba’da Isya Bawakan Cadang Dilih

JARRAKPOSLAMPUNG – Divisi Musik dari Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Unila, Orkes Ba’da Isya tampil membawakan ‘Cadang Dilih’ pada Pergelaran Seni Pertunjukan Taman Budaya (Tambud) Lampung, Rabu (18/05/2022).

Cadang Dilih merupakan sajak lama Lampung tentang seseorang yang kehilangan. Karya ini dihadirkan dengan bentuk aslinya dan juga beberapa penambahan komposisi bernuansa modern yang dimaksudkan untuk mempertajam tafsir terhadap lagu ini.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum UKMBS Unila, Febrian Malik Arrozaq dalam surat elektroniknya yang diterima Jarrak Pos Lampung, Jum’at (20/05/2022) siang.

Menurut Ferbrian, penggabungan antara dua sudut pandang yang berbeda pada penampilan tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih segar kepada penikmat tentang apa itu “kehilangan”.

Salah satu angle saat penampilan Orkes Ba’da Isya di Taman Budaya Lampung.

“Makna kehilangan yang berkonotasi sedih tersebut ditampilkan melalui iringan musik gitar klasik Lampung yang bernada minor, yaitu Tettik Keroncong Pandan. Ditambah aransemen musik bernuansa modern oleh Robby Aslam Amrouzi (Arranger),” tuturnya.

Febrian menglaim, Orkes Bada Isya telah sukses menyampaikan makna dari sajak lama Lampung ciptaan Datuk Usman tersebut kepada penonton.

“Pementasan musik tradisi oleh Orkes Bada Isya ini melibatkan 11 perfomer. Diantaranya, tiga mahasiswi Unila yang merupakan vokalis, Hani Dayanti (Pertanian 19’), Aisyah Puspita Effendi (Hukum 21’), dan Syatreen Nisa (Teknik 21’) dengan anggunnya berdiri di bawah lampu pertunjukan Gedung Teater Tertutup (GTT) Taman Budaya Lampung,” paparnya.

Saya lanjut Febtian, juga ikut tampil sebagai pemusik dengan tujuh pemusik lainnya yaitu Ahmad Musyaffa Purnama, Ahmad Habib Panglima, Annisa Rizka Dwiyan, Adelia Assiva, M.Zufar Alifiandri, Robby Aslam Amrouzi, dan Nur Harifah.

Salah satu angle saat penampilan Orkes Ba’da Isya di Taman Budaya Lampung.

Peserta pergelaran bertajuk “Lampung Dalam Musik Folk” ini juga dihadiri oleh berbagai komunitas dan UKM seni di Lampung, yaitu UKMF KSS UNILA, UKMBS UBL, UKMBS POLINELA, IMASENIK UNILA, UKM SLIRA UIN dan, SEKELIK ETHNIC PERCUSSION.

“Kami sangat antusias menanggapi pergelaran musik yang diadakan oleh Taman Budaya. Kami langsung mengkondisikan waktu latihan untuk pergelaran ini sejak pertama kali mendengar kabar,” tandasnya. (***)

One thought on “Tampil di Tambud, Orkes Ba’da Isya Bawakan Cadang Dilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *