Tak Ada Caden, Bawaslu Pesibar Fokus Netralitas ASN dan Bansos

JARRAKPOSLAMPUNG – Meski tidak ada pasangan calon kepala daerah dari jalur perseorangan (Independen), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) meminta agar pengawas pemilu di semua tingkatan tetap melakukan tugas-tugas pengawasan terutama berkaitan dengan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan proses distribusi Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19.

“Kami sudah melakukan supervisi. Dalam supervisi itu kita juga menegaskan meskipun saat ini di Pesibar tidak ada Caden bukan berarti kita tidak ada pekerjaan,” kata Ketua Bawaslu Pesibar, Irwansyah, Rabu (24/06/2020).

Untuk itu, lanjut Irwan, pihaknya meminta agar seluruh jajaran pengawas melakukan pengawasan terkait netralitas ASN dan prosesi distribusi Bansos oleh Pemda. Jangan sampai, kata dia, Bansos dijadikan alat politik.

Bawaslu Pesibar saat melakukan supervisi ke Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat.

“Ya, saat ini untuk daerah yang memiliki Caden, sedang melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan Caden. Bagi yang tidak ada Caden seperti Pesibar, maka menunggu tahapan selanjutnya, yakni tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih (coklik) Juli 2020 mendatang,” tuturnya.

Saat ini, tambah Irwan, jajarannya sudah siap melakukan pengawasan selurruh tahapan Pilkada. Sambil menunggu tahapan selanjutnya, kata dia, pihaknya sudah melakukan klarifikasi terhadap ASN yang dicurigai tidak netral dan sudah mendapat surat balasan dari KASN.

“Untuk Bansos, hingga saat ini kami belum menemukan atau menerima laporan terkait adanya politisasi Bansos,” tukasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *