Srikandi Pengawasan Sisir Bandarlampung di Masa Tenang

Patroli Pengawasan, Antipasi Politik Uang!

JARRAKPOSLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung menerjunkan perempuan dari jajaran Panwas Se-Kota Bandarlampung untuk melaksanakan Patroli Pengawasan dengan berkeliling kota guna memastikan tidak ada praktik politik uang dan kegiatan kampanye pada masa tenang, Selasa (08/12/2020).

“Ini bagian dari implementasi misi Bawaslu dalam mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat,” kata Komisoner Bawaslu Bandarlampung, Yusni Ilham, S.Sos.I saat mempimpin Patroli Pengawasan, Selasa.

Penyelenggara Pemilu, lanjut Srikandi Bawaslu ini, sudah memberikan waktu yang cukup kepada semua tim Pasangan Calon untuk berkampanye. Katenanya, pada masa tenang kegiatan kampanye dilarang, mulai dari pemasangan alat peraga kampanye (APK), penyebaran bahan kampanye, pertemuan terbatas, sampai kampanye dimedia sosial.

Para perempuan pengawasan juga menyebar famplet dan stiker himbauan untuk tidak melalukan politik uang.

“Harus diwaspadai juga ialah gerakan jual beli suara dengan imbalan uang. Bawaslu Kota Bandarlampung menaruh harapan besar terhadap mayarakat khususnya kalangan perempuan agar bisa berperan aktif mengawasi dan mengawal Pilkada 2020,” tuturnya.

Terlebih, tambah Yusni, kondisi saat ini yang semakin masif dengan fenomena politik uang, ujaran kebencian, maupun berita bohong atau hoaks.

Selama Patroli Pengawasan ini juga dibagikan Pamflet dan stiker “Anti Politik Uang” serta himbauan untuk memastikan tidak ada kegiatan kampanye dalam bentuk apapun yang berpotensi mempengaruhi pilihan pemilih pada pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 09 Desember 2020.

Yusni berpesan, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan bagi perempuan jangan takut untuk aktif berpartisipasi dalam mewujudkan pesta demokrasi yang jujur dan adil serta berintegritas.

“Pemimpin yang kita pilih menentukan masa depan Kota Bandarlampung,” tukasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *