Sosperda di Tengah Pandemi, Azuwan : Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati!

JARRAKPOSLAMPUNG – Lahirnya peraturan daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan swasta dalam rangka menjamin kesempatan yang sama bagi setiap orang, keluarga dan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Demikian ditekankan Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung, Azuwansyah saat menggelar Sosialisasi Perda (Sosperda) di Kecamatan Semaka, Tanggamus, Rabu (15/04/2020).

Menurut Azuawan, hak untuk sehat dan memperolah pelayanan kesehatan adalah milik semua warga. Karenanya, keberpihakan kepada kelompok masyarakat berisiko tinggi terhadap masalah kesehatan, termasuk didalamnya kelompok masyarakat miskin, kelompok masyarakat yang terkena dampak kejadian luar biasa, bencana alam, kecelakaan kerja, ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, dan warga lanjut usia harus dilakukan dalam perspektif kesehatan.

Suasana Sospeda yang digelar Anggota DPRD Lampung, Azuansyah di Pekon Garut, Semaka, Tanggamus, Rabu (15/04/2020).

“Saat ini kita berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang terus mewabah. Ini sangat dibutuhkan peran serta seluruh elemen dalam ikhtiyar memutus mata rantai penularannya. Karenya, kesadaran akan kebutuhan hidup sehat harus dimiliki oleh setiap individu,” tuturnya.

Prinsipnya, lanjut Azuwan, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu, kata dia, setiap orang wajib mentaati protokoler kesehatan dan anjuran pemerintah, yakni penjalankan Social Distancing dan Physical Distancing. Selanjutnya, menerapkan pola hidup yang sehat, makan makanan yang sehat dan bergizi agar sistem imun tubuh tidak rentan terhadap penyakit.

Dalam Sosperda yang tetap menerapkan Physical Distancing itu, hadir sebagai narasumber, Bidan Desa Pekon Garut, Astoni yang menyampaikan materi tentang gejala Covid-19 dan cara pencegahannya. Lalu, pemateri kedua Soffan,S.Pd dengan materi Perda tentang pelayanan kesehatan swasta dalam penanganan covid-19 di Provinsi Lampung.

Dari pantauan, meski harus menjaga jarak, antusiasme masyarakat dalam mengikuti Sosperda tersebut cukup tinggi. Tidak hanya menggelar Sosperda, Anggota Komisi I DPRD Lampung itu juga membagikan masker dan susu gratis kepada masyarakat yang hadir sebagai tambahan supplement dalam menjaga imun tubuh.

Berkunjung ke kediaman salah satu warga yang meninggal dan sempat dicuriagai terinfeksi covid-19.

Selanjutnya, Azuwan yang juga didampingi beberapa anggota FPKB Tanggamus menyempatkan diri berkunjung ke kediaman seorang wanita hamil yang meninggal di RSUD Abdoel Moeloek beberapa waktu lalu. (***)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *