Soal Debat Kandidat Disinyalir Bocor

JARRAKPOSLAMPUNG – Ekspektasi masyarakat akan sajian konsep pembagunan Bandarlampung lima tahun kedepan dari para kandidat Wakil Walikota Bandarlampung masih jauh panggang dari api.

Pasalnya, dari proses debat kandidat yang di gelar di Ballroom Hotel Emercia tersebut mengindikasikan adanya kebocoran soal. Hal tersebut terlihat dari beberapa kandidat yang masih melihat catatan saat berada di podium.

“Ya, kami akan dalami terkait model bawaan para calon. Sebab kami masih melihat para calon seperti melihat ke arah bawah terus,” kata Ketua Bawaslu Bandarlampung, Candrawansyah kepada jarrakposlampung.com, Kamis (19/11/2020) siang.

Potongan video debat kandidat

Disinggung apakah ada dugaan kebocoran soal? Candra mengungkapkan, kemungkinan tersebut bisa saja terjadi dan jika hal tersebut terbukti, tentu hal itu mal administrasi.

“Kami akan surati KPU untuk melalukan evaluasi menyeluruh dari proses debat. Informasikan ke kami (Bawaslu) jika ada bukti kebocoran soal. Jika terbukti bocor itu pelanggaran administrasi. Ayo kita cari bukti,” tegas Candra.

Dari pengamatan pada rekaman video debat kandidat, memang terlihat beberapa kali Kandidat Wakil Walikota, Johan Sulaiman melihat kebawah seperti sedang membaca sesuatu, begitu pun dengan kandidat Wakil Walikota, Dedi Amrullah.

“Saya melihat hanya Pak Tulus Purnomo yang menjawab pertanyaan dengan gamblang tanpa melihat catatan,” kata Decky salah satu warga yang ikut menyaksikan jalannya debat. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *