SiRekap Mensyaratkan KPPS Punya Android

JARRAKPOSLAMPUNG – Sistem Rekapitulasi Elektronik (SiRekap) atau populer dengan sebutan e-Rekap akan terapkan pada Pilkada 2020. Simulasi nasional ujicoba aplikasi SiRekap secara daring pun telah di ikuti oleh seluruh KPU yang akan menggelar Pilkada.

Ya, aplikasi ini akan digunakan KPPS untuk mencatat dan menginput hasil rekapitulasi perolehan suara. Karenannya, KPPS disyaratkan memiliki dan bisa mengoprasika Android.

“Sebenarnya tidak menjadi syarat individu, tetapi menjadi syarat kolektif. KPPS itu ada 7 orang, salah seorang harus memiliki dan mahir mengoprasikan Android,” kata Kordiv Teknis KPU Pesawaran, Yudi Ardiansyah, Selasa (27/10/2020).

Ilustrasi penghitungan suara

Aplikasi SiRekap, lanjut Yudi, untuk mencatat dan menginput rekapitulasi perolehan suara. Selain itu, setelah pencoblosan dilanjutkan penghitungan dalam form C plano, nantinya KPPS akan memfoto form C plano ini melalui aplikasi SiRekap dan langsung masuk dalam database nasional.

“SiRekao memudahkan KPPS mengecek kesesuaian data yang tertulis, mendeteksi salah hitung, dan tidak repot lagi menyalin form c untuk para pihak karena SiRekap akan mengeluarkan salinan C yang dapat diunggah dan dishare sesuai peruntukannya,” tuturnya.

“Setiap KPPS akan dilatih untuk terapkan SiRekap ini. Harapannya rekapitulasi akan lebih cepat dan akurat,” tukasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *