Sidang Mustafa Ditunda, Hakim Perintahkan JPU Hadirkan Nunik, Nyonya Lie, Midi, Bujung dan Slamet Anwar

JARRAKPOSLAMPUNG – Ketua Majlelis Hakim menunda persidangan lanjutan kasus suap Mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa di Pengadilan Tipikot Tanjungkarang, Kamis (20/05/2021).

“Kita tunda sidang hari ini dan akan dilanjutkan pada Kamis (27/5) mendatang,” kata Ketua Majelis Hakim, Efiyanto.

Penundaan sidang, lantaran majelis hakim mengabulkan permohonan dari penasihat hukum terdakwa yang meminta untuk dihadirkan lima saksi untuk melakukan konfrontir.

Ke lima saksi yang dimaksud adalah, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), Bos Sugar Group Company Purwanti Lie (Nyonya Lie), Legilator Partai Demokrat Midi Iswanto, Mantan Legislator PKB Khaidir Bujung dan Mantan Ketua DPC PKB Lampung Tengah Slamet Anwar.

“Saya perintahkan kepada Jaksa KPK agar bisa memanggil para saksi yang dimohon kan oleh penasihat hukum terdakwa,” tegas hakim.

Menanggapi hal tersebut, JPU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Taufiq Ibnugroho dalam persidangan meminta waktu kepada majelis hakim agar dapat menghadirkan para saksi.

“Kami minta waktu untuk memanggil para saksi,” kata Taufiq.

Suasana sidang lanjutan kasus suap Mustafa.

Lalu, apakah mungkin ada upaya penjemputan jika saksi tidak memenuhi panggilan untuk memberikan kesaksian? Hakim Efiyanto menegaskan, pihaknya akan melalukan upaya paksa jika ada salah satu dari ke lima saksi tidak memenuhi panggilan persidangan.

“Ya, jika tidak hadir tanpa keterangan kita akan panggil paksa,” tegasnya pada wartawan.

Efiyanto berharap lima orang saksi tersebut dapat hadir pada persidangan Kamis mendatang. Ia juga berharap kepada saksi dapat menghargai panggilan yang telah diperintahkannya.

“Mudah-mudahan para saksi menghargai panggilan kita,” kata dia.

Sebelumnya sidang dengan agenda keterangan terdakwa telah ditunda oleh hakim lantaran adanya pemohon dari penasihat hukum terdakwa agar dihadirkan lima orang saksi untuk dilakukan konfrontir. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *