Server Sirekap Down, Rekapitulasi Suara di Pesawaran Manual

Bawaslu Pastikan Aman!

JARRAKPOSLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran memastikan proses rekapitulasi petolehan suara Pilkada setempat berjalan dengan aman meskipun dilakukan secara manual.

Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando mengatakan, proses rekapitulasi perolehan suara Pilkada di wilayah kerjanya tidak bisa dilalukan menggunakan aplikasi Sirekap lantaran server down. Karenanya, rekapitulasi dilakukan secara manual.

“Ya, servernya (Sirekap) down. Rekapitulasi dilakukan secara manual dengan pengawasan melekat,” kata pemilik sapaan akrab Ijul itu, Kamis (10/12/2020).

Meski dilalukan secara manual, lanjut Ijul, pihaknya mastikan rekaputulasi suara akurat. Sebab, kata dia, rekaputulasi yang dilakukan berdasarkan form C hasil KWK.

Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando (kemeja hitam) saat melalukan pengawasan proses rekapitulasi suara Pilkada.

“Akurasinya 100 persen. Karena di buka kotak, dan acuannya form C hasil KWK. Kami pastikan suara tidak akan bergeser,” tegas Ijul.

Saat ini, tambah mantan aktivis PMII itu, rekapitulasi sudah dilakukan empat kecamatan dari 11 kecamatan yang ada. Sisa tujuh kecamatan dilanjutkan besok, Kamis (11/12/2020).

Disinggung bagaimana keamanan kotak suara yang belum sempat direkapitulasi? Ijul memastikan kotak suara yang belum selesai atau belum direkap di KPU Kabupaten, posisinya aman di kecamatan masing-masing dengan penjagaan daripihaknya dibantu aparat keamanan.

“Untuk di kecamatan rekaputulasi paling lambat selesai 14 Desember 2020, untuk kabupaten limitnya 17 Desember 2020 setelah itu dihadwalkan penetapan. Kotak suara yang sudah direkap langsung diamankan di Gudang KPU, yang belum selesai rekapitulasi, masih berada di kecamatan masing-masing dengan pengamanan yang ketat,” paparnya.

Hingga berita ini diturunkan, tak satu pun komisioner KPU Pesawaran bisa dihubungi. Jarrakposlampung.com sudah meninggalkan pesan kesalah satu komisioner dan belum direspon. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *