Resmi Dilantik, DEMA dan SEMA UIN Siapkan Jurus 4C

JARRAKPOSLAMPUNG – Setelah resmi dilantik Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung siap bekerja dan memperjuangkan kepentingan mahasiswa dan almamater.

Tidak hanya DEMA dan SEMA, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) masa khidmat 2021-2022 pun ikut dilantik di gedung GSG Fakultas Syariah, Jum’at (05/02/2021).

Sejumlah pejabat kampus dan bebebrapa perwakilan undangan tampak hadir dalam pelantikan yang terbatas teraebut, lantaran harus mematuhi protokol kesehatan.

Ketua DEMA, Zulham Donni Siregar usai pelantikan mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa dan civitas akademika UIN Raden Intan yang telah memberikan kepercayaan kepad pihaknya.

Prosesi pelantikan Dema, Sema dan HNJ UIN Raden Intan Lampung, Jumat (5/2/2021).

Selanjutnya, kata dia, adalah kewajiban pihaknya untuk menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan apa yang diamanahkan oleh seluruh unsur kampus.

“Tentu kami akan bekerja dan berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi ekspektasi warga kampus. Tantangan kami hari ini adalah situasi pandemi yang sedang kita hadapi, situasi ini pada akhirnya memaksa kita untuk lebih memaksimalkan potensi mahasiswa,” kata dia.

Seperti yang kita ketahui, lanjut sia, Revolusi Industri 4.0 hari ini mewajibkan kita semua untuk memiliki 4C dalam menghadapi tantangan dunia virtual, yakni Critical Thinkhing (memperkuat berfikir kritis), Communication (memiliki kemampuan komunikasi yang baik), Collaboration (pandai dalam berkolaborasi) dan Creativity.

“Untuk mewujudkan itu, kami butuh dukungan semua pihak dan seluruh civitas kampus,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Senat Mahasiswa terpilih, Yuni mengatakan, yang menjadi fokus pihaknya adalah bagaimana mahasiswa fakultas syariah lebih sadar hukum yang berfungsi mengatur masyarakat dalam upaya menciptakan keadilan dan kesejahtraan.

“Karenanya kedepan kami akan melakukan penguatan pemahaman tentang hukum, selain yang di dapatkan di ruang kelas. Kami akan membuat ruang-ruang diskusi terkait hukum dan kebangsaan di Fakultas Syariah supaya mahasiswa lebih antusias dan imperaktif dalam belajar,” tutur dia. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *