Razia Lapas Rajabasa, Kanwil Kemenkumham Amankan Barang Terlarang

JARRAKPOSLAMPUNG – Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung menemukan sejumlah barang yang dilarang berada di dalam lembaga pemasyarakatan saat menggelar razia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Rajabasa, Jumat (03/07/2020).

Sejumlah barang yang diamankan tersebut adalah ponsel, kabel, dan kawat. Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kemenkumham Lampung, Farid Junaedi pihaknya telah mengamankan agar tidak ada penyalah gunaan.

“Kita telah melakukan razia pada Jumat malam tanggal 3 Juni 2020 dari pukul 20.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB,” kata dia, Sabtu.

Razia yang dilakukan pihaknya, lanjut Farid, digelar secara gabungan dari Tim Satgas Lapas dan Rutan. Ada sebanyak 100 personel yang melakukan penggeledahan di setiap blok kamar warga binaan.

“Razia kita lakukan tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka mencegah terpaparnya warga binaan yang ada di Lapas,” kata dia.

Disinggung apakah razia yang dilakukan ada kaitannya dua warga binaan yang terlibat dalam pengiriman ribuan ekstasi? Farid menegaskan bahwa razia gabungan yang dilakukan sama sekali tidak asa kaitannya.

Menurut dia, dua warga binaan yang terlibat dalam pengiriman ribuan ekstasi hanya diperiksa untuk dimintai keterangan oleh Tim BNNPLampung.

“Sebenarnya kita melakukan razia ini merupakan program dari Bapak Kakanwil yang kemudian memerintahkan kami untuk melakukan penggeledahan sidak mendadak,” kata dia lagi.

Petugas gabungan saat melakukan razia di lapas Kelas I Rajabasa. (foto antara)

Kakanwil Kemenkumham Lampung sendiri rencana ke depan akan melakukan razia mendadak di lapas dan rutan di setiap kabupaten. Namun saat ini masih menjaga agar para warga binaan tidak terpapar Cocid-19. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *