PWI : Wartawan Harus Profesional

JARRAKPOSLAMPUNG – Profesionalisme wartawan menjadi hal yang mutlak. Itu sebabnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung terus meningkatkan profesionalitas pengurus dan anggotanya di kabupaten/kota.

Demikian dikatakan Ketua PWI Lampung, Supriyadi Alfian dalam sambutan pada pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXI di Kota Metro, Jumat (13/12/2019).

Menurut Supriyadi, pihaknya tidak hanya fokus pada profesionalitas waetawan, tapi juga mencetak wartawan yang berintegritas melalui UKW.

“Banyak upaya yang kami lakukan untuk menciptakan wartawan yang profesional dan berintegritas. Mulai dari pelatihan-pelatihan, workshop, seminar sampai UKW. Hal itu demi penguatan integritas profesi dan etika serta peningkatan wawasan,” kata pria yang beken disapa Bang Yadi itu.

Setalah UKW ini, lanjut Bang Yadi, rencananya PWI Lampung akan menggelar Workshop Penguatan Kompetensi Wartawan pada 21 Desember mendatang.

“Workshop kita gelar karena masih banyaknya keluhan-keluhan dari masyarakat. Terutama mitra kerja dan stakeholder PWI Lampung terkait adanya praktik-praktik tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan wartawan,” sebutnya.

Bahkan, keluhan itu didengar langsung oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari saat Seminar Pendidikan di Kabupaten Tulangbawang 21 November lalu.

“Citra yang terbangun di masyarakat bahwa masih terdapat oknum-oknum yang melakukan pemerasan. Perlu dipahami bahwa tidak semua wartawan merupakan anggota dan pengurus PWI,” tegasnya.

Meski demikian, PWI memiliki tanggung jawab moral untuk meminimalisir keluhan-keluhan tersebut, dengan terus berperan meningkatkan profesionalitas anggota dan pengurus di kabupaten/kota. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *