Puncak HPN, PWI Agendakan Pemberian Penghargaan Pada Gubernur Lampung

KPB Dinilai Sukses Mensejahterakan Petani

JARRAKPOSLAMPUNG РPersatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung mengagendakan pemberian penghargaan kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi sebagai Inisiator Kartu Petani Berjaya (KPB), pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-36 dan HUT PWI ke-57 di Balai Wartawan H Solfian Akhmad, Bandarlampung, Selasa (09/02/2021). 

Dikutip dari harian momentum, Gubernur Arinal bukan satu-satunya tokoh Lampung yang akan menerima penganigrahan. PWI Lampung juga akan memberikan penghargaan kepada tiga tokoh Lampung lainnya.

Ketiganya adalah, Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL), Muhammad Yusuf Sulfarano Barusman, Ketua Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Lampung, Hanan A Razak, Kepala Dinas Katahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikutura Lampung, Kusnardi.

ilustrasi.net

“Anugerah Inisiator KPB merupakan penghargaan khusus yang diberikan PWI Lampung pada peringatan HPN ke-36  dan HUT ke-75 PWI tahun 2021,” kata Ketua PWI Lampung, Supriyadi Alfian. 

Memurutnya, inisiatif Gubernur Arinal melahirkan dan menjadikan program Kartu Petani Berjaya sebagai program unggulan, sejalan dengan potensi di sektor pertanian yang dimiliki Lampung.

Program KPB yang disosialsiasikan sejak pemilihan gubernur (pilgub) 2018, melibatkan atau menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat. 

“Dengan Kartu Petani Berjaya, semua menjadi sederhana. Tata Kelola tidak terganggu, jaminan ketersedian benih dan pupuk, serta hasil panen terjual dengan harga bagus,” tuturnya.

Kartu sakti tersebut, lanjut Bang Yadi –sapaan akrabnya–, telah menunjukkan perubahan pertanian di Lampung. Peningkatan luas panen padi pada 2020 mencapai 79.958 hektare. Angka ini merupakan lima persen dari total luas panen padi di Indonesia.

Selain itu, terjadi peningkatan produksi dari 2,16 juta ton menjadi 2,59 juta ton pada tahun 2020. 

Tidak hanya itu, tambah Bang Yadi, Kartu Petani Berjaya juga menstimulus produksi komoditas pertanian lainnya yang mengalami tren pertumbuhan pada tahun 2020. Seperti jagung mencapai 2,47 juta ton pada Oktober 2020. Ubi kayu sebesar 5,07 juta ton sampai Oktober 2020. 

Begitupun komoditas unggulan Lampung di antaranya kopi sebesar 118,145 ribu ton dan lada 15,23 ribu ton.

“Karena itu, sudah sewajarnya jika inisiatif Gubernur Arinal melahirkan KPB juga mendapatkan apresiasi. Sebelum PWI Lampung, Fakultas Pertanian Universitas Lampung juga memberikan penghargaan honoris causa kepada Gubernur Arinal”.

Supriyadi berharap, momentum HPN 2021, para wartawan khususnya yang tergabung dalam PWI Lampung, turut mendorong dan menyukseskan program-program pembangunan di Lampung, khususnya program KPB. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *