Pimpinan DPRD Pesawaran Apresiasi Perjuangan Gus Ami Terkait Dana Abadi Pesantren

JARRAKPOSLAMPUNG – Sekretaris DPC PKB Pesawaran yang juga Wakil Ketua DPRD Pesawaran, Zulkarnain ucapkan rasa syukur setelah Pemerintah resmi meneken Peraturan Presiden (Perpres) No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaran Pesantren.

Bang Zul –sapaan akrabnya–, menyebut Perpres yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo tertanggal, 2 September 2021 itu adalah buah dari perjuangan panjang Ketua Umum DPP PKB Gus Abdul Muhaimin Iskandar (Ami).

“Ya, tentu kita semua menyambut gembira. Ini adalah kado terindah untuk Pondok Pesantren. Sebagaimana kita tahu, Ketum kami Gus Muhaimin sejak lama memperjuangkan ini.Ini Dana abadi Pesantren sewajarnya diterima Ponpes, mengingat sumbangsih Ponpes yang sangat besar bagi masa depan bangsa,” kata Bang Zul, Rabu (15/09/2021).

Diketahui, Perpres No 82 Tahun 2021 ini diantaranya mengatur soal Dana Abadi Pesantren sebagaimana tertuang dalam BAB III Pasal 23.

Zulkarnain saat silaturrami ke salah satu Pondok Pesantren di Pesawaran

Pada poin ketiga pasal 23 itu disebutkan, Dana Abadi Pesantren bertujuan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan Pesantren bagi generasi berikutnya sebagai bentuk pertanggung jawaban antargenerasi.

“PKB memalui Ketum Gus Muhaimin sejak awal memperjuangkan hal tersebut,” ujarnya.

Pesantren, lanjut Bang Zul, memiliki kontribusi sangat besar dalam menciptakan karakter untuk dunia pendidikan di Indonesia. Karenannya, sudah seharusnya negara ikut berkontribusi dan hadir mejamin dunia pesantren dari berbagai aspek termasuk diantaranya soal pendanaan.

“Langkah pemerintah meneken Perpres No 82 Tahun 2021 telah sejalan dengan konstitusi, sesuai dengan Undang-Undang No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren,” jelas dia.

Konstitusi, jelas dia lagi, telah mengatur hal itu. Jadi, kata dia, langkah Presiden Jokowi untuk ini adalah langkah yang sangat tepat karena sudah dijamin undang-undang. Untuk itu, pihaknya sangat berterima kasih.
“Terimakasih Presiden Jokowi. Semoga kedepan Pesantren dapat melampaui ekpektasi kita semua,” tukasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *