Ponpes Darussaadah Siap dan Layak Jadi Tuan Rumah Muktamar NU

JARRAKPOSLAMPUNG – Ketua Panitia Nasional Muktamar ke 34 Nahdlatul Ulama (NU), KH Imam Aziz menegaskan jika pembukaan Nuktamar ke 34 NU final diputuskan di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussaadah Seputih Jaya Kecamatan Gunungsugih Kabupaten Lampung Tengah, 23 Desember 2021 pekan depan.

Ada pun tempat pelaksaan, lanjut Kiai Aziz, akan menggunakan tenda roder berkapisatas 15 ribu orang. Sementara, untuk pemukiman pihaknya telah menyiapkan dua lokasi yakni Universitas Lampung (Unila) dan Komplek Malahayati.

“Sudah fix di Ponpes Darussaadah. Pembukaan kita gunakan tenda roder berkapasitas 15 ribu orang,” kata Kiyai Aziz, Sabtu (11/12/2021).

Senada, Putra KH Muhsin Abdillah, H Hisyamudin membenarkan jika pihaknya 100 persen siap menjadi tuan rumah Muktamar. Selain lokasi, akses menuju lokasi pun sudah siap dan layak.

“Lokasi sudah siap, seluruh fasilitas kita sudah siapkan. Bahkan akses jalan pun sudah di perlebar, yang tadinya 6 meter, kini sudah 8 meter,” kata pemilik sapaan Gus Hisyam itu.

Putra KH Muhsin Abdillah, H Hisyamudin

Terkait, adanya penolakan dari pihak yang tidak ingin Ponpes Darussaadah menjadi tuan rumah. Gus Hisyam menegaskan jika hal tersebut biasa terjadi. Karenanya, pihaknya menganggap hal tersebut sebagai dinamika organisasi.

“Itu dinamika biasa. Persiapan Muktamar tetap berjalan dan Insya Allah akan dibuka oleh Presiden Jokowi 23 Desember 2021 nanti,” tegasnya.

Disinggung adanya desakan dari Kakanwil Kemenag Sulteng, Abdullah Latopada yang tak rela Rois Aam PBNU KH Miftahul Akhyar hadir di lokasi Muktamar. Gus Hisyam kembali menegaskan, hal itu adalah dinamika yang biasa terjadi di sebuah organisasi, dan sudah selesai. Karenanya, tidak ada yang menjadi persoalan lagi. Untuk itu, pihaknya berharap agar tidak ada yang mengambil kesempatan untuk memperkeruh keadaan.

“Kan sudah berlalu, gugatan juga sudah dicabut. Mereka yang mempersoalkan berarti mengambil kesempatan untuk merusak kerukunan dan hanya akan merusak organisasi,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *