Pilkakon Pakai E-Votting Dinilai Gagal!

Kajari : Akan Kita Evaluasi

JARRAKPOSLAMPUNG – Tamparan keras bagi CEO Darmajaya Corporation David Kurniawan dan tim, sebagai rekanan yang mencetuskan E-Votting Pilkakon di Kabupaten Pringsewu. Pasalnya, alih-alih cepat dan efesien Pelaksanaan Pilkakon di beberapa titik di Pringsewu menggunakan E-Votting mengalami kendala.

Bukan hanya kendala teknis, kendala kurangnya Sumberdaya Manusia (SDM) teknisi dan operator pun menjadi persoalan. Alhasil, di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkakon berlangsung panas dan hingga larut malam belum rampung.

Di Pekon Neglasari, Pagelaran Utara dan Pekon Bumiratu, Pagelaran hingga Pukul 21.00 WIB pemungutan suara belum juga rampung. Suasana pun menjadi panas lantaran, masyarakat yang kecewa terus meneriaki panitia.

“Pakai E-Votting katanya lebih cepat. Ini malah sampai malam. Votting apa ini? Votting hantu! Gagal ini E-Votting,” teriak salah seorang warga.

iklan

Salah seorang Tenaga Ahli Pendamping Desa juga berpendapat demikian. Menurutnya, hampir seluruh TPS mengalami kendala pada E-Votting, jadi wajar jika pihaknya menilai Pilkakon dengan E-Votting gagal.

“Seluruhnya mengalami kendala. Itu sebabnya sampai larut malam Pilkakon belum rampung. E-Votting ini gagal,” kata TA yang meminta namanya dirahasiakan itu.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri Pringsewu, Ade Indrawan dan Ketua DPRD setempat Suherman memantau langsung pelaksanaan Pilkakon di Pekon Nusawungu, Banyumas, Pringsewu.

Pelaksanaan Pilkakon di Pekon Banyumas memang mengalami kendala sejak awal. Sejatinya pemilihan dimulai Pukul 08.00 WIB, namun molor hingga Pukul 11.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut, Kejari Pringsewu Ade Indrawan menegaskan akan melakukan evaluasi terhadap penerapan E-Votting tersebut. Terutama, terkait banyaknya kendala pada alat.

“Memang masih banyak kendala pada alat E-voting. Nanti kita evaluasi lagi agar lebih baik dan juga harapan kita dalam Pilkakon serentak di kabupaten Pringsewu berjalan aman dan sukses,” kata Ade Indrawan yang diamini Ketua DPRD setempat.

Berikut daftar Kecamatan dan Pekon yang menggelar Pilkakon serentak 2022:

1. Kecamatan Gadingrejo : Pekon Kediri, BIitarrejo, Wonodadi, Wates.
2. Kecamatan Adiluwih : Pekon Waringinsari Timur dan Sinarwaya. 
3. Kecamatan Banyumas : Pekon Nusa Wungu dan Waya Krui. 
4. Kecamatan Pardasuka : Pekon Sidodadi. 
5. Kecamatan Ambarawa : Pekon Tanjung Anom, Ambarawa Barat, Jatiagung. 
6. Kecamatan Pagelaran : Pekon Sukaratu, Sukawangi, Bumi Ratu. 
7. Kecamatan Pagelaran Utara : Pekon Neglasari. 
8. Kecamatan Sukoharjo : Pekon Sukoharjo I, Waringin Sari Barat, Kaputran.
Total : 19 Pekon dari 126 Pekon se-Kabupaten Pringsewu. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *