Perda Kemandirian Pangan; Upaya Mendorong Swasembada Pangan

Dari Sosperda Nomor 12/2017 di Lampung Tengah

JARRAKPOSLAMPUNG – Tantangan dalam upaya menciptakan kemandirian pangan, terlebih swasembada pangan adalah kurangnya akses masyarakat terhadap program pemerintah utamanya disektor pertanian.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Lampung, Jauharoh Haddad saat menggelar sosialisasi peraturan daerah (Sosperda) Nomor 12/2017 tentang kemandirian pangan di Balai Kampung Sumberejo, Lampung Tengah, Selasa (17/03/2020).

Karenannya, lanjut Kak Jau –sapaan akrab Jauharoh–, memalui Sosperda Kemandirian Pangan pihaknya juga membuka akses masyarat tani pada Program Petani Berjaya yang di galakkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

“Kami memahami bahwa hingga saat ini persoalan yang dihadapi petani masih berkutat pada wilayah kelangkaan pupuk, modal, hama dan rendahnya harga jual hasil pertanian. Karenanya kami ingin pastikan semua petani dapat terakomodir pada program Pemprov yakni Petani Berjaya,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kak Jau juga menghadirkan dua narasumber, yakni Praktisi Pertanian yang juga Penggerak Pemberdayaan Masyarakat, Mashuri, SP dan Muliwan, SP.MM.

“Lampung itu adalah salah satu wilayah penopang pangan. Karena itu, seharusnya masyarakat merasakan dampak yang baik dan tidak adanya kekhawatiran terkait pangan,” tegas Kak Jau.

Peran aktif masyarakat dalam menjamin stok pangan daerah, tutur Kak Jau, sangat membantu pemerintah dalam upaya menciptakan target swasembada pangan. Untuk itu, tambahnya, kehadiran Perda Nomor 12/2017 dirapakan mampu menjadi payung hukum dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan itu sendiri.

Dari pantauan, antusiasme masyarakat dalam mengikuti sosialisasi tersebut cukup tinggi. Ratusan petani hadir dalam sosialisasi yang digelar anggota FPKB Lampung itu. Tidak hanya petani, Kepala Kampung Sumberrejo, Sumarno, SIP dan Kapolpos Kota Gajah, M. Muharom juga hadir. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *