Perangi Politik Uang, Bawaslu dan KNPI Siap Bersinergi

JARRAKPOSLAMPUNG – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandarlampung menyambangi Kantor Bawaslu Kota Bandarlampung, Selasa (01/09/2020).

Kedatangan organisasi kepemudaan yang tercatat di GBHN tersebut guna menyatukan persepsi terkait pencegahan politik uang pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Selain politik uang, Bawaslu dan KNPI Bandarlampung juga sepakat untuk bersinergi dalam meningkatkan partisipasi pemilih, mengawasi netralitas ASN dan menyosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan saat pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi,” kata Ketua DPD KNPI Kota Bandarlampung, Iqbal Ardiansyah melalui rilisnya, Selasa sore.

Jajaran Pengurus DPD KNPI Kota Bandarlampung saat mengunjungi Kantor Bawaslu Kota Bandarlampung.

Dalam diskusi, lanjut Iqbal, pihaknya telah menjelaskan ke Bawaslu jika jajarannya telah membentuk posko-posko di setiap kecamatandan kelurahan. Posko tersebut, jelas dia, dikomandoi oleh setiap Pengurus Kecamatan (PK) KNPI se-Bandarlampung.

“Gerakan tersebut dilakukan untuk mengawal pesta demokrasi di Pilkada 2020 Kota Bandar Lampung, dengan tagline Selamatkan Pemuda Dengan Pilkada Bersih,” tutur dia.

Sejak awal, tambahnya, pihaknya sudah mengkampanyekan gerakan terkait Pilkada bersih. Semakin mendekati Pilkada, kata dia, pihaknya telah melakukan kajian, dan sudah memprediksi akan ada potensi pelanggaran Pilkada, salah satunya yakni Politik Uang.

“Maka kami perlu serius lagi. Hadirnya KNPI di Bawaslu hari ini, guna memperkuat barisan KNPI dalam mengawal proses itu,” jelas Iqbal Ardiansyah.

Diketahui dalam audiensi yang disambut langsung oleh Chandrawansah, Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung tersebut, DPD KNPI menyampaikan 3 hal yakni terkait regulasi pelanggaran politik uang. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada dan juga perihal dampak dalam sektor kesehatan.

Dari perbincangan ketiga hal tersebut, Chandrawansah sangat berterimakasih dan menyambut baik apa yang menajdi buah pemikiran kawan-kawan KNPI, tentu hal ini akan menjadi sebuah pembahasan di tubuh Bawaslu sendiri.

“Yang jelas kami sambut baik, dan akan segera kita agendakan rencana tindak lanjutnya seperti apa. Dalam waktu dekat kita akan lakukan pertemuan lagi, Bawaslu siap,” kata Chandrawansah di ruang kerja nya. (lis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *