Pengawasan Pemilu di Tengah Pandemi, Bawaslu Maksimalkan Peran Humas

JARRAKPOSLAMPUNG – Pengawasan Pemilu di tengah pandemi tentu tantangan yang berat bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung. Karenanya, lembaga tersebut terus berupa memaksimalkan peran humas dalam upaya mewujudkan Pemilu yang Jurdil.

“Pilkada di tengah pandemi ini menuntut kita untuk terus berinovasi dan menjawab keraguan masyarakat terkait lemahnya fungsi pengawasan Pemilu. Humas tidak lagi berfungsi sebagai penghubung, akan tetapi salah satu ujung tombak dalam pengawasan,” kata Koordinator Divisi hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Kota Bandarlampung, Yusni Ilham dalam sambutannya saat membuka Bimtek Kehumasan yang diikuti Humas Panwascam se-Bandarlampung di Hotel Kurnia Perdana, Selasa (24/11/2020).

Suasana Bimtek Kehumasan yang digelar Bawaslu Kota Bandarlampung.

Menurut Yusni, pada situasi seperti saat ini, sangat tidak dimungkinkan untuk melakukan sosialisasi terkait pengawasan dengan libatkan massa. Karenanya, peran humas sangat penting, terutama terkait penyampaian informasi kepada masyarakat tentang apa saja agenda pengawasan dan apa yang dapat dilakukan masyarakat ketika mengetahui adanya pelanggaran Pemilu.

“Humas mesti aktif dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat baik melalui media massa maupun memaksimalkan media sosial. Paling tidak apa yang sedang, akan dan telah dilakukan oleh Bawaslu tersampaikan ke publik,” tuturnya.

Hal utama yang mesti diketahui publik, lanjut Yisni, berkaitan dengan tiga wewenang Bawaslu, yaitu pencegahan, pengawasan dan penindakan. Dalam hal pencegahan, Bawaslu melakukan sosialisasi paraturan dan larangan kampanye, pemetaan potensi kerawanan, supervisi dan koordinasi antar lembaga, serta peningkatan partisipasi masyarakat. Dalam hal pengawasan, Bawaslu melakukan pengawasan tahapan pemilu dan larangan dalam pemilu. Sedangkan dalam hal penindakan, Bawaslu melakukan penindakan terhadap pelanggaran kampanye pemilu.

“Dari tiga hal itu humas bisa mengambil peran maksimal pada pencegahan dan pengawasan dengan melibatkan masyarakat, sesuai dengan tagline Bersama Rakyat Awasi Pemilu,” tegasnya.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Narasumber Kadis Kominfo Kota Bandarlampung, Nur Rizki Irwandi, Ahmad Ridwan, Redaktur Lampung Post, Eka Stiyawan dan Pemred Jarrak Pos Lampung, Ariyadi Ahmad. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *