Pembangunan Stasiun Raden Intan Segera Dimulai

JARRAKPOSLAMPUNG – SkyscraperCity  atau SSCI Lampung menginformasikan proses pemasangan patok awal Pembangunan Stasiun Kereta Api Internasional Raden Intan II yang rencanakan akan dimulai pertengahan 2020.

Dari pantauan jarrakposlampung.com sebuah layar monitor berukuran 43″ di dekat pintu keberangkatan Bandar Raden Intan II Lampung juga di putar sebuah video dsain Stasiun Kereta pertama yang terintegrasi dengan Bandara tersebut.

Diketahui, Kementerian Perhubungan akan memulai proses pembangunan stasiun untuk Kereta Bandara di Bandara Raden Inten II, Lampung, pada 2020. Setelah stasiun dan prasarana lain rampung, kereta bandara pertama di provinsi itu diperkirakan sudah beroperasi pada 2022.

“Kalau lancar penertiban lahan dan pembangunan, sebenarnya tahun 2021 sudah bisa operasi,” kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Selatan, Kemenhub, Made Suartika, Sabtu (28/12/2019) lalu, sebagai mana dikutip kompas.com.

Kereta bandara tersebut tidak akan menggunakan jalur baru, namun jalur eksisting yang sudah beroperasi di Lampung saat ini. Kemenhub cukup membangun satu stasiun di seberang Bandara Raden Inten.

Setelah itu, Kereta Api (KA) lokal seperti KA Limex Sriwijaya, rute Kertapati (Palembang) menuju Tanjung Karang (Lampung) akan berhenti di stasiun bandara. KA lokal ini akan difungsikan mengangkut penumpang ke bandara sampai 2023.

Tapi setelah 2023, KA lokal itu akan beroperasi seperti sedia kala. Para penumpang di Lampung dan sekitarnya akan menggunakan kereta baru yang memang khusus untuk KA Bandara. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *