Minta Pilkada Ditunda, Ini Tiga Poin Pernyataan Sikap Klasika

JARRAKPOSLAMPUNG – Kelompok Studi Kader (Klasika) Lampung merilis tiga poin pernyataan sikap terkait Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi, diantaranya meminta agar pemerintah menghentikan gelaran Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Klasika, Ahmad Mufid mengatakan, pihaknya melialai jika pelaksanakan Pilkada di tengah pandemi akan menjadi ancaman bagi banyak nyawa manusia.

Terlebih, lanjut dia, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Hingga 6 bulan masa pandemi belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Ilustrasi Pilkada di tengah pandemi Covid-19

“Ya, 270 daerah di Indonesia yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Desember termasuk 8 daerah di Provinsi Lampung. Hal tersebut menjadi kegelisahan bagi masyarakat karena dikhawatirkan akan menimbulkan klaster baru dan semakin meluasnya penyebaran Covid-19,” kata pria yang akrab disapa Bemol itu, Senin (21/08/2020).

Kepentingan Pilkada, jelas Bemol, yang menjadi salah satu penerapan demokrasi harus melihat kepentingan rakyat. Dalam kondisi pandemi tentu keselamatan masyarakat harus diutamakan.

“Negara memiliki kewajiban untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada warga negara. Menggelar Pilkada di masa pandemi tentu bertolak belakang dengan kewajiban tersebut,” tegas dia.

Alumnus UIN Raden Intan itu menikai, Pilkada diselenggarakan untuk rakyat, maka atas nama kemanusiaan tidak ada alasan pemerintah untuk tidak menunda Pilkada 2020 di tengah pandemi.

Berikut Tiga Poin Sikap Klasika :

1. Meminta kepada KPU, Pemerintah dan DPR untuk melakukan penundaan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak lanjutan. Ini dilakukan sampai situasi kondisi penyebaran Covid-19 berakhir atau paling tidak mampu dikendalikan.

2. Meminta semua pihak yang terkait dengan Pilkada serentak 2020 untuk memperhatikan, menghormati, menjamin, melindung dan memenuhi Hak Asasi Manusia, seperti Hak atas hidup, hak atas keselamatan dan hak atas rasa aman yang berpotensi dilanggar dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

3. Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan ini, Klasika menghimbau semua pihak untuk bersinergi serta bertanggung jawab untuk memastikan agar komitmen untuk mematuhi protokol kesehatan dapat dipenuhi oleh semua pihak. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *