Minta Nunik Ditersangkakan, OKP dan LSM Deklarasikan Dukungan Untuk KPK

JARRAKPOSLAMPUNG – Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemudaan (OKP) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menaikkan status Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) menjadi tersangka.

Bahkan sejumlah OKP dan LSM yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Lampung Bersih (AMLB) itu akan mendeklarasikan bentuk dukungan terhadap KPK.

“Ya, kami telah membentuk AMLB dan besok (Senin 29/03/2021) akan mendeklarasikan dukungan untuk KPK, agar lembaga anti rasuah itu segera mentersangkakan Wagub Lampung, Nunik,” kata Dwi Sugianto, Minggu (28/03/2021) malam.

Menurut pria yang beken disapa Anto itu, OKP dan LSM yang tergabung di AMLB diantaranya adalah Forwakot yang diketuai oleh Badri, DPD Bara-JP diwakili Yogi T Wardana, DPD Jaman Abu Hasan, DPP LSM GPAN Indonesia, Edi Syahputra Sitorus, LBH Kemandirian, Dwi Sugianto, DPD LSM SKAAP diwakili Andre dan PUSKAM-SBL diwakili Idris Abung.

“Kami juga mengajak OKP dan LSM lainnya di Lampung untuk dapat hadir pada deklarasi tersebut, di Cafe Warmindo Genggers tepat di depan Stadion Pahoman, Bandarlampung,” kata dia.

Spanduk yang telah di cetak AMLB.

Menurut Anto, pihaknya menilai dari keterangan Nunik saat menjadi saksi di persidangan lanjutan kasus suap Mantan Bupati Lampung Tengah, Mustafa. Nunik telah berbohong, hal tersebut terlihat dari beberapa kali Nunik memberikan keterangan yang bertentangan dengan berita acara pemeriksaan (BAP) yang ditandatanganinya sendiri.

“Ya, sudah bisa itu dikenakan pasal memberikan keterangan palsu atau atau diduga menghalang-halangi proses penyidikan KPK dalam kasus Pak Mustafa mantan Bupati Lampung tengah,” kata Anto.

Kemudian, lanjut Anto, dalam BAP Nunik sempat mengaku jika dirinya yang memerintahkan Midi dan Bujung untuk melakukan deal deal dengan Mustafa. Meskipun kemudian BAP tersebut ditalat oleh Nunik saat menjadi saksi dipersidangan.

“Jelas tidak mungkin sebagai kader partai Mido dan Bujung melakukan inisiatif tanpa perintah atasannya. Terlebih kesaksian Mantan Ketua DPW PKB Lampung, Musa Zainuddin memperkuat jika Nunik lah aktor dibalik Midi dan Bujung, sebab Nunik sempat meminta izin agar diberi keleluasaan mengurus Pilgub dan Musa Zainuddin diminta untuk fokus pada perkara hukumnya,” tutur Anto.

Anto juga mengatakan, AMLB juga meminta majelis sidang KPK mendalami keterlibatan PT Sugar Group Company (DGC) yang menggelontorkan dana fantastis Rp40 miliar kepada Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar sebagai mahar politik rekomendasi padangan Arinal-Nunik yang menggeser rekomendasi Mustafa.

“Purwanti Lee harus dihadirkan untuk juga dimintai keterangannya,” pungkasnya. (***)

One thought on “Minta Nunik Ditersangkakan, OKP dan LSM Deklarasikan Dukungan Untuk KPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *