Menulis Itu Mudah

Dari Pelatihan Jurnalistik PMII Komisariat Darmajaya

JARRAKPOSLAMPUNG – Wakil Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Ariyadi Ahmad mengatakan, membuat sebuah tulisan adalah perkara mudah. Hal tersebut dikatakan Aryadi Ahmad ketika mengisi Pelatihan Jurnalistik yang digelar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Darmajaya di Caffe Social Space, Minggu (05/06/2022) malam.

Menurutnya, setiap individu memiliki bakat menulis, hanya saja tidak pernah di asah dengan banyak berlatih. Prinsipnya, kata dia, yang membedakan setiap individu hanya pengalaman saja. Bagi dirinya, selain terus berlatih, menulis, menulis dan menulis. Seorang penulis hendaknya membekali diri dengan wawasan, artinya harus juga banyak membaca.

“Setiap orang memiliki bakat menulis. Menulis itu mudah, ketika orang itu mau mengasahnya. Perbanyak membaca, dan menulislah,” kata pria yang akrab disapa Ari itu.

Wakil Sekretaris PWI Lampung yang juga Pemred Jarrak Pos Lampung pose bersama peserta pelatihan.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Pelatihan Jurnalistik, PMII Komisariat Darmajaya, Serly mengatakan, pelatihan ini digelar karena sahabat-sahabat PMII Darmajaya menyukai membaca, tetapi untuk menulis masih sangat lemah. Bahkan, kata dia, untuk menulis di status whatsapp saja seringkali sulit untuk dipahami.

“Itu sebabnya, kami meminta Bang Ari untuk melatih kami. Sebab, menulis adalah modal bagi kaum akademik,” ujarnya.

Dari pengamatan, jumlah peserta pada acara Pelatihan Jurnalistik berjumlah 16 orang, terdiri dari 5 perempuan dan 11 laki-laki. Suasana diskusi pun sangat menarik, lantaran digelar di ruangan terbuka dan diiringi musik-musik yang disajikan oleh Social Space.

Tidak hanya itu, pemateri pun menyampaikan materi dengan santai dan rileks. Sangat menarik, karena selain serius ada jokes-jokes menarik yang dilontarkan oleh pemateri. (Diana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *