Mahasiswa Latih Masyarakat Membuat Pakan Ternak

JARRAKPOSLAMPUNG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode pertama tahun 2020 Universitas Lampung ( Unila) mengadakan pelatihan pembuatan pekan ternak silase di dusun 4 Raman Aji, Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur beberapa waktu lalu.

Ketua Pelaksana Kegiatan tersebut, Mita Hasanah mengatakan, kegiatan sudah dilakukan pihaknya satu pekan lalu, yakni pembuatan pakan ternak silase penting untuk diketahui oleh masyarakat, khususnya masyarakat desa yang memiliki hewan ternak. Salah satu tujuannya sebagai langkah antisipasi para peternak untuk mengantisipasi kekurangan pakan ketika musim kemarau tiba.

“Kegiatan ini dilakukan karena Masyarakat banyak yang belum mengetahui bagaimana membuat fermentasi pakan ternak silase. Fermentasi ini dapat di lakukan Masyarakat ketika nanti musim kemarau tiba, karena pakan ternak akan tahan lama saat disimpan dalam jangka waktu yang panjang ” Kata Mahasiswi Peternakan Unila itu, melalui surat elektronikanya yang diterima jarrakposlampung.com, Rabu (22/01/2020)

Kegiatan pelatihan tersebut, lanjutnya dilakukan dengan penyuluhan terlebih dahulu lalu praktek secara langsung. Alhasil, kegiatan pun mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat.

Kades Raman Aji, Masdar mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut. Sebab, kata dia, selain sangat bagus dan bermanfaat untuk warga desa disini, kegitan tersebut juga dapat mengedukasi mastarakat.

“Kegiatan yang dilakukan ini sangat bagus dan bermanfaat, karena belum pernah diadakan sebelumnya di desa Raman Aji,” ujarnya.

Sejumlah tokoh masyarakat juga turut hadir dalam kegiatan yang difokuskan bagi peternak itu, diantaranya Kepala Desa Raman Aji, Tokoh Masyarakat , Tokoh Pemuda, Perangkat Desa dan warga desa Raman Aji.

Selain memberikan pelatihan pakan ternak silase tersebut, mahasiswa KKN di desa Raman Aji juga menggelar kegiatan lain, diantaranya seperti penanaman Toga, penyuluhan gizi seimbang, penyuluhan diabetes melitus, penyuluhan hipertensi, sosialisasi sensus penduduk, kegiatan gotong royong rutin setiap Jumat, dan pemberdayaan Perpustakaan Desa. (lis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *