Loekman-Ilyas dan Pieter-Razi Resmi Diusung PDI Perjuangan

JARRAKPOSLAMPUNG – Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan resmi merekomendasi calon kepala daerah (Balon Kada) Kabupaten Lampung Tengah dan Pesisir Barat.

“Penugasan Balon Kada tahap kedua ini diberikan DPP PDIP kepada
kepada Loekman Djoyosoemarto dan wakilnya M. Ilyas Hayani Muda, untuk di Lampung Tengah,” kata Sekretaris DPD PDIP Lampung, Mingrum Gumay, Jumat (17/07/2020).

Untuk Kabupaten Pesisir Barat, lanjut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung itu, surat rekomendasi diberikan kepada pasangan Pieter dan wakilnya Fahrurrazi.

“Rekomendasi yang dikeluarkan untuk kedua bakal calon kepala daerah tersebut merupakan kebijakan penuh DPP PDIP”.

Balon Kada yang juga petahana Lampung Tengah Loekman saat menerima surat rekomendasi dari PDI Perjuangan.

Di tahap kedua ini, jelas dia, partai secara resmi mengumumkan 45 pasangan calon kepala daerah guna bertarung di Pilkada serentak 2020 secara virtual.

“Untuk daerah lainnya yang melakukan Pilkada serentak 2020 masih dalam pembahasan, dan dalam waktu dekat akan diberitahu oleh DPP. Ya, nanti ada tahap III. Jadi tahap I kita sudah keluarkan rekomendasi untuk Kota Metro dan tahap II ini untuk Lampung Tengah dan Pesisir Barat,” jelasnya.

Dalam menentukan siapa yang akan maju dalam pilkada serentak, tambah Ningrum, partainya memiliki parameter tersendiri.

Pertama, kata dia, yakni ketokohan dari pasangan calon, kemudian survei yang berbasis basis datadan lainnya.

“Namun yang perlu diyakini bahwa yang akan direkomendasi oleh DPP adalah petugas partai dan kader terbaiknya sebab kami tahu persis variabelnya,” ujarnya.

Terpisah, bakal calon kepala daerah Kabupaten Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengucapkan terima kasih atas surat rekomendasiuntuk dapat maju pada pilkada serentak 2020.

Dia mengakui bahwa selain PDIP, pihaknya pun sudah hampir pasti mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra.

Balon Kada Kabupaten Pesisir Barat Pieter menegaskan bahwa dengan mendapatkan rekomendasi dari PDIP berarti pihaknya telah mengantongi lima kursi yang sudah cukup menjadi syarat untuk pencalonan.

“Sebenarnya dengan lima kursi kita sudah cukup mencalonkan diri, tapi ada beberapa partai yang ingin berkoalisi seperti Perindo dan Partai Bulan Bintang (PBB), dan mungkin juga Demokrat yang saat ini sedang dalam tahap musyawarah,” tukasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *