Lebih Populer Dari Cak Imin, Gus Yaqut Disebut Berpotensi Nyapres

JARRAKPOSLAMPUNG – Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Kholil Choumas (Gus Yaqut) disebut-sebut lebih berpeluang maju pada Pilpres mendatang dibanding Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Analisa tersebut tentu bukan tanpa dasar. Melesatnya popularitas Gus Yaqut, lantaran kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan terkait toleransi, terorisme dan lainnya, membuat cucu KH Bisri Mustofa itu jauh lebih dikenal masyarakat dibanding Cak Imin.

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA), Fadhli Harahab sebagaimana dikutip dari sindo.com menilai, pernyataan-pernyataan Ketua Umum GP Ansor telah membuat publik lebih mengenal Gus Yaqut dibandingkan dengan Cak Imin. Karenanya, kepopuleran Gus Yaqut bisa saja berbuah elektabilitas.

“Artinya, Gus AMI (Cak Imin) yang disebut-sebut bakal capres dari PKB akan mendapat saingan baru ke depannya,” kata Fadhli, Jumat (09/04/2021).

Walau pun Gus Yaqut belum sama sekali terpantau lembaga survei sebagai bakal capres/cawapres PKB, jelas Fadhli, akan tetapi bukan tidak mungkin manuver Gus Yaqut sebagai Menag akan berbuah sentimen positif di masyarakat.

Menteri Agama RI-Yaqut Kholil Qoumas

“Saya pikir posisi Gus Yaqut berada pada momentum yang tepat. Polarisasi politik identitas sedang berada pada masanya. Radikalisme, pluralisme menjadi isu hangat, tentunya ini akan menjadi panggung tersendiri bagi beliau (Gus Yaqut),” terang Fadhli.

Menurutnya, jika Gus Yaqut dapat memanfaatkan momentum ini maka kemungkinan Gus Yaqut terjaring survei sebagai capres/cawapres potensial cukup terbuka.

“Tinggal bagaimana Gus Yaqut mengelola momentum, sehingga dia bisa dilirik publik sebagai Capres/cawapres,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *