Laut Labuhan Maringgai Tercemar Limbah Beracun, SNNU Lakukan Investigasi

JARRAKPOSLAMPUNG – Meski baru terbentuk benerapa pekan lalu, Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Lampung langsung bergerak cepat membentuk tim invesrigasi guna memastikan apa penyebab tercemarnya laut Labuhan Maringgai, Lampung Timur oleh limbah beracun.

Tim investigasi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris SNNU Lampung, Jupri berangfotakan tiga orang dengan mandat Ketum SNNU, Witjaksono dan Ketua SNNU Lampung, Edarwan.

ilustrasi laut tercemar limbah



“Ya, tim yang baru terbentuk langsung melakukan investigasi, guna mengetahui penyebabnya secara pasti dan dampaknya bagi kehidupan nelayan di Labuhan Maringgai,” kata Ketua Tim Investigasi, Jupri melalui rilisnya, Senin (31/08/2020).

Sebelum menjalankan tugas, lanjut Jupri, tim menyempatkan diri sowan ke PCNU setempat guna meminta restu para kiyai. Setelah itu, kata dia, tim menemui koordinator nelayan di salah satu titik Pelabuhan di Koala Penat Lampung Timur.

“Koala Penat menjadi titik awal investigasi dilakukan. Kami mendapat laporan jika dampak dari limbah beracun, penghasilan nelayan menurun drastis,” tuturnya.

Selain persoalan limbah beracun, jelas dia, pihaknya juga menemukan banyak hal yang menjadi kendala bagi nelayan. Karenanya, pihaknya juga akan memperjuangkan apa yang menjadi keluhan para nelayan.

“Dari hasil invertigasi ini, kami sudah bisa mendiagnosa apa yang menjadi sumber malapetaka bagi nelayan tersebut. Meski pun nelayan masih enggan menyebutkan apa penyebab limbah beracun yang mencemari laut mereka. Kedepan kami akan turun ke semua Kabupaten/kota di Lampung dan selanjutnya akan kita adakan webinar atau sejenis guna merespon keluhan dan kendala yang ada pada nelayan,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *