Langgar PKPU, Wagub Harus Diproses

Jupri : Bawaslu Jangan Tebang Pilih

JARRAKPOSLAMPUNG – Ketua Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD), Jupri meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak tebang pilih dalam proses penindakan pelanggaran pemilu. Termasuk melalukan pemanggilan terhadap Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yang diduga melalukan kampanye untuk salah satu paslon tanpa izin.

Menurut Jupri, Bawaslu harus segera memanggil Wagub Lampung itu sebagaimana amanat Peraturan Komisi Penyelenggara Pemilu (PKPU) 11 tahun 2020.

“Kita semua menanti keberanian Bawaslu untuk memanggil Wagub Lampung yang diduga kampanye tak ada pemberitahuan dan izin,” kata Jupri.

Biasanya, lanjut Mantan Komisioner KPU Mesuji itu, selain pemneritahuan, juga ada ijin dari kepolisian terlebih yang melakukan kampanye adalah kepala daerah.

“Seingat saya waktu dulu ngurus bagian kampanye semasa di KPU. Tim kampanye itu harus sudah melaporkan atau memberitahu KPU dan Bawaslu tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye dimulai. Saya belum update tentang PKPU terkait kampanye sekarang apakah boleh laporannya disusulkan setelah pelaksanaan kampanye,” tutur Jupri.

Video Wagub Lampung saat mengkampanyekan salah satu paslon di Lampung Timur sempat viral.

Dalam PKPU 11 tahun 2020, jelas dia, tidak hanya kepala daerah, seluruh pejabat negara termasuk anggota DPR juga harus mengajukan izin kampanye.

“Jika tidak ada izin, mengapa kampanye yang dilakukan Wagub tidak dibubarkan. Belum lagi kewajibanemerapkan prokes jelas tidak dipatuhi, lihat saja pada video yang beredar,” tegas dia. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *