Lampung Tak Gunakan Rapid Test Biozek

JARRAKPOSLAMPUNG – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dr Reihana memastikan jika pihaknya tidak menggunakan rapid test dengan merek Biozek yang saat ini dipertanyakan akurasinya.

“Sampai saat ini Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tidak menggunakan rapid test dengan merek Biozek,” kata Reihana dalam keterangan persnya, Senin (11/04/2020).

Rapid Test yang saar ini digunakan pihaknya, lanjut Reihana, adalah rapid test yang direkomendasikan BNPB yakni repid test merek Wondfo atau Guangzhou Wondfo Biotech Co., Ltd.

“Ya, rapid test yang kita gunakan saat ini adalah yang direkomendasikan oleh BNPB, yaitu merek Wondfo,atau Guangzhou Wondfo Biotech Co., Ltd,” tegasnya.

Diketahui, Indonesia melalui PT Kimia Farma menerima 300 ribu Rapid Test Biozek Covid-19 IgG/IgM dari Belanda pada 10 April 2020. Namun, kekinian Rapid Test Biozek tersebut dinilai bermasalah.

Alat uji cepat Corona itu diketahui merupakan produksi China. Sejumlah penelitian juga menemukan, jika rapid test Biozek tersebut berakurasi rendah.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo sempat ditanyakan awak media terkait masalah itu. Doni membenarkan, jika tingkat akurasi daripada rapid test yang ada di Indonesia masih rendah. (***)

TONTON VIDEO PENJELASAN LENGKAPNYA DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *