Lagi, Di Lambar Banjir Rendam Perkampungan, Longsor Tutup Akses Jalan

JARRAKPOSLAMPUNG – Hujan deras mengakibatkan sejumlah perkampungan warga di Lampung Barat (Lambar) terendam, dan ruas jalan lintas sumatera terputus akibat longsor.

Dari laporan Pusdalaps BPBD Lampung Barat terdapat dua titik longsor terjadi, Minggu (03/05/2020). Pertama di Pemangku 5 Waykuol, Kecamatan Batuberak yang berhubungan dengan Pemangku 3 Bunguyan Pekon Balak, Batuberak.

TONTON JUGA VIDEONYA DISINI

Kemudian, longsor juga terjadi di ruas Jalan Liwa-Sumberjaya tepatnya di Peninggaman, Pekon Bakhu, Kecamatan Batuketulis, Lampung Barat, sekitar pukul 05:00 wib.

Akses lalu lintas jalan dapat dilalui kembali setelah petugas TNI, Polri, dan masyarakat bahu membahu melakukan upaya pembersihan material longsoran. Kurang lebih tiga jam akses jalan sempat terhambat.

Aparat pekon setempat melalui BPBD dan Dinas PUPR berkoordinasi untuk penanganan evakuasi material longsor selanjutnya kepada petugas yang berwenang.

Sejumlah alat berat dari PT Tiga Oregan Putra diterjunkan untuk membersihkan material longsor yang panjangnya mencapai 50 meter dan lebar 20 meter tersebut.

Selain longsor juga terjadi bencana banjir yang menggenangi areal persawahan dan sejumlah perumahan warga di 
Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak. Kemudian pemukiman masyarakat di Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau.

Banjir terjadi akibat Sungai Semangka meluap. Atas musibah banjir itu, sekitar 15 hektare (ha) areal persawahan di Pekon Bedudu tergenang banjir setinggi sekitar 1,5 meter.

Kemudian, di Pemangku 2, Pekon Kerang banjir juga terjadi yang merendam empat unit rumah. Lalu, di Pemangku 3 sekitar 12 unit rumah warga dan satu masjid setempat juga terendam banjir. Seluas 11 hektare sawah dan kebun kopi juga juga terdampak.

Banjir dan longsor juga terjadi di Pekon Tembelang (Bandarnegeri Suoh), Bumi Hantatai, dan Sukajadi (Suoh) mengakibatkan sejumlah perumahan dan fasilitas umum juga ikut terdampak banjir. Selain rumah dan fasilitas umum, banjir juga menggenangi areal persawahan. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *