Kunjungi TPA Bakung, Garda Bangsa Bagikan Sembako

JARRAKPOSLAMPUNG – Sejumlah pengurus Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Garda Bangsa Kota Bandarlampung menggelar kegiatan Jumat Berbagi. Organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini membagikan sembilan bahan pokok (Sembako) di Kelurahan Bakung, Telukbetung Barat, Jumat (19/02/2021).

Tidak hanya DKC Garda Bangsa Kota Bandarlampung, sejumlah pengurus DKW Garda Bangsa Lampung, Anggota DPRD dan Sekretaris DPW PKB Lampung tampak hadir dalam kegiatan tersebut.

“Ini adalah hari yang baik. Karenanya, momentum ini kami manfaatkan untuk berbagi. Tidak hanya berbagi, kami juga menampung aspirasi masyarakat. Sebab, ada legislator PKB juga bersama kami,” kata Ketua DKC Garda Bangsa Bandarlampung, N Rahman, Jumat sore.

Ketua DKC Garda Bangsa Bandarlampung, N Rahman dan Sekretaris DKW Garda Bangsa Lampung yang juga legialator PKB Bandarlampung, Rolland Nurfah berpose bersama warga Bakung.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melayangkan surat peringatan ke salah satu rumah sakit swastakarena membuang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) medis di TPA Bakung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung Edwin Rusli mengatakan, pihaknya sudah mengecek  ke lapangan saat mendengar informasi adanya limbah B3 medis di TPA Bakung.

Di tempat yang sama, Sekretaris DKW Garda Bangsa Lampung, Rolland Nurfah mengatakan, selain membagikan bingkisan berupa sembako kepada warga sekitar dan para pemulung di Bakung. Kehadiran pihaknya, juga dalam rangka memastikan kondisi Bakung terkini, pasca ditemukannya sampah medis berbahaya di wilayah tersebut.

“Ya, selain berbagi kami ingin menyaksikan langsung kondisi di TPA ini. Juga menampung aspirasi masyarakat,” kata Rolland.

Diketahui, beberapa hari terahir masyarakat sempat dihebohkan dengan ditemukannya sampah medis berbahaya di TPA Bakung, yang sengaja dibuang oleh salah satu rumah sakit swasta di Bandarlampung.

Atas temuan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung telah melayangkan surat peringatan ke salah satu rumah sakit swasta yang membuang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) medis di TPA Bakung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli mengatakan, pihaknya sudah mengecek  ke lapangan saat mendengar informasi adanya limbah B3 medis di TPA Bakung. 

Hasil pengecekan di lapangan, kata Edwin, pihaknya memang menemukan adanya limbah medis dari salah satu rumah sakit swasta di Bandarlampung. 

Atas dasar temuan itu, pihak Dinas Kesehatan Bandar Lampung melayangkan surat teguran ke pihak rumah sakit yang bersangkutan. 

“Sanksi tegas belum ada, tapi kita sudah berikan surat peringatan agar mereka tidak membuang limbah medis lagi ke TPA Bakung,” kata Edwin Rusli, Jumat (19/02/2021). (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *