KPU : Kelengkapan Pilwakot Aman!

JARRAKPOSLAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung memastikan kelengkapan yang akan digunakan pada Pemilihan Walikota Bandarlampung aman. Saat ini menurut Ketua KPU kesiapan kelengkapan sudah mencapai 97 persen.

“Untuk kelengkapan logistik kita sudah 97 persen hanya yang belum lengkap C Plano, daftar pasangan calon, dan template, yang masih akan dicetak,” kata Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedy Triadi, di kutip dari laman kantor berita antara, Jumat (27/11/2020).

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih melakukan proses pelipatan dan sortir surat suara dan juga perakitan kotak suara yang diperkirakan akan selesai pada Sabtu (28/11/2020).

“Hingga Kamis (26/11) surat suara yang sudah terlipat dan disortir sebanyak  262.000 surat suara dari 666.282 kertas suara yang akan digunakan,” tuturnya.

Untuk perakitan kotak suara, jelas dia, hingga kini telah selesai dirakit sebanyak 1.200 dari 1.700 kebutuhan kotak suara.

“Kotak suara aman semua tidak ada yang rusak hingga kini tapi untuk surat suara ada 600 lembar yang rusak atau cacat produksi,” ujarnya.

Setelah pelipatan surat suara selesai dan perakitan kotak suara, proses selanjutnya yakni pengemasan logistik untuk kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS) lalu didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk disebarkan ke TPS-TPS.

“Karena C Plano, template dan daftar pasangan calon masih dicetak sehingga pengemasan akan dimulai pada Senin (30/11) hingga Jumat (4/12),” kata dia.

Ia pun mengungkapkan bahwa proses pengemasan semua perlengkapan untuk pilkada membutuhkan kehati-hatian baik itu yang berupa dokumen maupun perlengkapan pemungutan suara serta alat pelindung diri (APD).

“Nanti dalam pengemasan kami juga akan melibatkan PPK di 20 kecamatan dan panitia pemungutan suara (PPS) di 126 kelurahan,” kata dia. (***/ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *