KKN Nusantara Bangun Spirit Moderasi Beragama

KUPANG.JARRAKPOSLAMPUNG -Membangun spirit moderasi beragama menjadi salah satu misi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara berbasis Terpencil, Tertinggal dan Terjauh (3T) 2020.

Demikian dikatakan Ketua Panitia sekaligus Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Surabaya, Dr. Rubaidi M.Ag pada Pembukaan di Asrama Haji Kupang, Selasa (7/01/2020).

Rubaidi menuturkan, tema KKN Nusantara adalah Peace Building Mewujudkan Moderasi Dalam Membangun Indonesia dengan Metode Asset Based Cinnunity Development (ABCD), jumlah peserta sebanyak 75 mahasiswa yang berasal dari 28 Perguruan Tinggi Kesamaan Islam Negeri (PTKIN).

“KKN Nusantara kali ini sebagai upaya pengangkatan isu moderasi beragama ke taraf nasional,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Prof Dr Arksal Salim GP MAg menyampaikan pesan kepada peserta KKN Nusantara, momen tersebut merupakan sebagai momentum melatih jiwa kolaborasi serta membangun networking.

“Karena belajar tidak hanya di buku, tetapi juga ada di alam,” kata Prof Askal pada sambutannya sekaligus membuka KKN Nusantra 3T.

Diketahui, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung mengirimkan empat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di Gedung Rektorat Lantai tiga, Jumat (3/1/2020) lalu. Salah satu peserta adalah Ketua Himatika UIN Raden Intan, Sartika yang juga Jurnalis jarrakposlampung.com.

Program KKN Nusantara Wilayah 3T merupakan hasil koordinasi seluruh Kepala Pusat Pengembangan Masyarakat pada November tahun lalu. Sebagai upaya pengembangan dan penguatan lembaga dari sisi pengabdian masyarakat secara nasional yang akan berlangsung pada tanggal 11 Januari hingga tanggal 11 Februari mendatang. (tika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *