Kertas Kopi PMII Tarbiyah, Persiapkan Kader Entrepreneur

JARRAKPOSLAMPUNG – Pengurus Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UIN Raden Intan, Cabang Bandarlampung terus melakukan upaya dalam mempersiapkan kader-kader entrepreneur.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Rayon PMII Tarbiyah, Riyan Simona disela Kegiatan Folowup Mapaba yang digelar di Camp 91, Kemiling, Bandarlampung, Sabtu (29/02/2020) malam.

Dalam kegiatan yang bertajuk Kearaban Tanpa Batas dan Kongko Persahabatan PMII (Kertas Kopi) tersebut diikuti sedikitnya 25 orang kader PMII yang terdiri dari 10 kader putra dan 15 kader Korp PMII Putri (Kopri).

“Selain ditanamkan tentang keorganisasian, kepekaan sosial, ke islaman dan ke Indonesiaan, di ahir sesi para kader juga akan mengikuti perlombaan tataboga,” kata Riyan.

Perlombaab Tataboga, lanjut Riyan, selain memupuk kerjasama juga dimaksudkan dalam rangka membidik skil yang dimiliki kader di bidang kuliner.

“Saat ini banyak kader galau. Bagaimana tidak, setelah lulus dari kuliyah tidak memiliki persiapan apapun untuk terjun ke masyarakat selain disiplin ilmu kependidikan yang didapat dari perkuliyahan,” tuturnya.

Sementara, lanjut Riyan, lapangan kerja di bidang kependidikan tidak begitu seksi untuk digeluti, terlebih seorang guru honorer gajinya sangat rendah dan tidak ada jaminan pengangkatan untuk menjadi ASN.

“Tentu ini menjadi problematika tersendiri bagi Kader PMII Tarbiyah. Karenanya jiwa entrepreneur harus di pupuk dari sekrang. Beberapa kader tarbiyah sudah memulai dunia usaha kuliner, sembari meniti karir di dunia pendidikan,” tuturnya.

Hal tersebut, lanjut Riyan, akan dikembangkan oleh pihaknya. Kedepan, kata dia, pihaknya juga akan membuka kelas entrepreneurship bagi kader.

“Rencananya kami akan membuka kelas entrepreneur sebagai tindak lanjut dari upaya memperiapkan kader entrepreneur ini. Karenanya, di Kertas Kopi ini kami juga mengundang para senior dan alumni guna meminta saran dan masukan dari para senior,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *