Kasasi Ditolak MA, Zainudin Hasan Batal Bebas

JARRAKPOSLAMPUNG – Asa menghirup udara bebas, nampaknya harus dikubur dalam-dalam oleh mantan Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan. Pasalnya, Mahkamah Agung (MA) telah mengeluarkan surat keputusan menolak kasasi yang diajukan Zainudin.

MA menolak kasasi Zainudin Hasan atas perkara 43/Pid.Sus-TPK/2018/PN.Tjk pada 28 Januari 2020 sebelum masa penahanan yang bersangkutan berakhir pada tanggal 2 Februari 2020.

Tiga Hakim MA, Krisna Harahap, Dr. Leopold Luhut Hutagalung, dan Andi Samsan Nganro telah memutuskan untuk menolak kasasi dengan nomor 113 K/PID.SUS/2020, dan mengabulkan kasasi Jaksa Penuntut Umum.

Kasi Registrasi, Lapas kelas IA Bandarlampung, Ahmad Walid mengatakan, jika MA sudah mengeluarkan keputusan terkait Kasasi atas perkara Zainudin Hasan. Sayangnya, pihak Lapas belum mengetahui isi hasil putusan atas kasasi perkara tersebut.

“Sudah. Kami sudah dapat informasi soal itu. Tapi isinya kami belum tahu, karena belum ada surat resminya. Prinsipnya kami hanya melaksanakan jika memang dieksekusi di sini,” kata Wahid.

Lalu, apakah ada perubahan terhadap masa tahanan Zainudin? Humas PN Tanjungkarang, Hendri Irawan mengatakan, tidak ada perubahan pada lama masa tahanan. Hanya saja, kata dia, ada perubahan subsider pada uang denda dan pengganti. Untuk denda dari subsider 5 bulan jadi 6 bulan, dan untuk uang pengganti jadi subsider kurungan selama dua tahun.

“Ya, sudah keluar. Tidak ada perubahan untuk lama hukuman penjara tetap sama,” kata Hendri. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *