Jauharoh : Perangi Narkoba, Perlu Peran Orang Tua!

Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2019

LAMTENG.JARRAKPOSLAMPUNG – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Lampung, Jauharoh Haddad meminta kepada orang tua berperan serta aktif dalam memerangi penyalahgunaan narkoba.

Hal tersebut diungkapkan pemilik sapaan beken Kak Jau itu saat melakukan Sosialisasi Perda nomor 1 tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, di Balai Kampung Tias Bangun, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah, Minggu (26/01/2020).

Penyalahgunaan Narkoba di Lampung, lanjut Kak Jau, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan, kata dia, saat ini Lampung menempati posisi ke 10 dari 34 provinsi se Indonesia terkait penggunaan barang haram tersebut.

“Ini luar biasa meresahkan. Ditingkat pelajar bukan hanya anak SMA, Bahkan anak SD sudah memakai narkoba, dan sudah sampai tingkat pelosok desa,” kata anggota FPKB itu.

Pemasaran obat terlarang itu, jelas Kak Jau, sangat sulit terdeteksi. Sebab, tambahnya, pengedar sudah makin pintar mengelabui calon konsumennya, dengan berbagai macam strategi kemasan.

“Karena dia (Narkoba) tidak kelihatan bahwa itu obat terlarang. Sekarang sudah berupa permen dan ada yang seperti kertas. Jadi anak-anak enggak tahu kalau itu narkoba. Otomatis yang namanya orang menjual aneka dititipkan di tukang warung nggak tahu kalau itu narkoba. Itu sebabnya orang tua harus aktif memperhatikan anak-anaknya,” tutur mantan aktivis PB PMII tersebut.

Selain itu, Kak Jau juga meminta agar orang tua membentengi anak-anak dengan agama. Melalui penanaman nilai-nilai keagamaan, uapaya yang dilakukan oleh para perusak moral bangsa tidak akan berhasil.



“Insya Allah jika anak-anak kita pengetahuan keagamaannya kuat, maka tidak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif. Karenanya, ayo para orang tua, lindungi anak-anak kita. Sebab mereka adalah calon penerus bangsa,” tutup Kak Jau.

Dari pantauan, ratusan warga antusias dalam kegitan yang juga dihadiri oleh Camat Pubian, Ahmad Rahman, Kepala Kampung Tias Bangun, Selamet Harianto, Kapolsek Padang Ratu dan Ketua MPC NU Pubian, Kiai Bahrudin. (tim)

Editor : arie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *