Ini Syarat Naik Pesawat

Selain Jawa dan Bali Hanya Wajib Vaksin dan Test Antigen

JARRAKPOSLAMPUNG – Pengelola Bandara Radin Inten II Lampung memastikan jika wilayah tujuan penerbangan selain Jawa dan Bali atau daerah level PPKM 1 hingga 2 di luar Pulau Jawa dan Bali cukup menggunakan tes antigen yang berlaku 1×24 jam.

Penerbangan menuju wilayah level PPKM 3 sampai 4, diharuskan menggunakan tes PCR yang berlaku 3×24 jam, serta wajib menunjukkan surat vaksin minimal dosis pertama.

Hal tersebut diungkapkan, EGM Bandara Radin Inten II Lampung, M Hendra Irawan, Selasa (02/10/2021) seperti dikutip antara.com.

Selain itu, Hendra menuturkan empat bulam terahir pihaknya, memberikan pelayanan sentra vaksinasi di Bandara Radin Intan II, dan telah melayani 11.225 orang yang mendapatkan vaksin COVID-19 di pusat vaksinasi itu.

Suasana di Bandara Radin Intan II

“Untuk vaksinasi yang dilakukan di sentra vaksinasi Bandara Radin Inten II Lampung tercatat hingga 31 Oktober 2021 ada 11.225 orang yang telah menjalani vaksinasi,” kata Hendra.

Sentra vaksinasi yang dibuka sejak Juni lalu itu, tambah Hendra, menjadi salah satu upaya memberi pelayanan vaksinasi kepada warga dan calon penumpang pesawat. 

“Setiap harinya sentra vaksinasi COVID-19 Bandara Radin Inten terus memberi pelayanan vaksinasi kepada warga dan calon penumpang pesawat sebab ini juga menjadi persyaratan penerbangan,” katanya.

Dia melanjutkan, untuk syarat penerbangan saat ini bagi penumpang yakni khusus tujuan dari ataupun menuju ke Pulau Jawa dan Bali untuk semua level PPKM wajib menunjukkan surat bebas COVID-19 melalui tes PCR yang berlaku 3×24 jam.

“Untuk tujuan Jawa dan Bali selain wajib menunjukkan hasil negatif COVID-19 melalui tes PCR, harus menunjukkan vaksin minimal dosis pertama,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, penumpang juga diwajibkan menggunakan PeduliLindungi untuk memudahkan dalam validasi persyaratan penerbangan, serta untuk mencegah adanya kontak fisik.

Menurutnya, saat ini di Bandar Udara Radin Inten II waktu pelaksanaan validasi persyaratan penerbangan sudah cukup cepat, hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 detik bila menggunakan PeduliLindungi.

“Kalau sudah menggunakan PeduliLindungi hanya butuh waktu 10 sampai 15 menit saja, tapi jika manual paling lama dua menit untuk validasi persyaratan penerbangan,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *