Ini Profil Calon Rois Aam PBNU

JARRAKPOSLAMPUNG – Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU, KH Robikin Emhas disebut-sebut sebagai calon kuat Rois Aam PBNU. KH Robikin adalah satu dari 8 staf khusus Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin.

“Kiai Robikin, Insya Allah,” jawab seorang kiyai sepuh kepada jarrakposlampung.com, saat dimintai bocoran siapa saja calon Ketua Rois Aam PBNU, Kamis (23/12/2021).

KH Robikin Emhas lahir pada 12 Agustus 1969 di Gresik, Jawa Timur. Ia mengenyam pendidikan pesantren di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatus Salam, Gresik, dan lulus tahun 1982 dengan predikat terbaik kedua

KH Robikin juga merupakan lulusan terbaik pertama  di SMP Ma’arif Al-Karimi, Gresik, lulus tahun 1985 dan SMAN Sedayu, Gresik, lulus pada tahun 1988. Dikutip dari blog pribadinya, pria ini sudah menjadi aktivis sejak masih SMP dan SMA. Saat itu dia aktif di OSIS dab IPNU, dan dilanjutkan sewaktu kuliah di Malang.

Dia berkuliah di Universitas Merdeka Malang, Fakultas Hukum. Robikin fokus pada mata kuliah hukum pidana dan lulus tahun 1993 dengan predikat terbaik pertama. Pria yang dikenal sebagai Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU itu sempat kuliah pasca-sarjana di Universitas Brawijaya namun tidak sampai lulus. Gelar pascasarjananya diraih dari Universitas Putra Bangsa tahun 2005.

Usai kuliah, KH Robikin aktif dalam berbagai forum diskusi, seminar dan sejenisnya dalam bidang hukum, demokrasi dan hak asasi manusia, serta kepemiluan, baik sebagai peserta pasif maupun aktif (narasumber), termasuk di luar Indonesia. 

Disamping itu, ia juga aktif sebagai pengajar pada Program Pendidikan Advokat di Universitas Merdeka Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang. Pada tahun 1994, KH Robikin mendirikan kantor hukum di Jakarta bersama rekan seprofesinya, Arif Effendi, bernama ART & PARTNER, Law Firm dan duduk sebagai Managing Director sejak 2003-sekarang.

Selain sebagai pengacara praktek sejak tahun 1993 dan advokat tahun 1997, Kh Robikin juga bergabung di LBH Merdeka, Pembela Umum 1995-1998 dan Direktur 1996-1998. Juga di. Kontra’S, Divisi Litigasi, Volunter, 1998-1999 serta aktif di Padepokan Hukum RE & PARTNER, sebagai Managing Partner sejak 1998-2003.

Saat ini, KH Robikin masih tercatat sebagai Anggota Pengacara Konstitusi sejak 2013, dan Anggota di Lembaga Pengkajian MPR RI. Dia juga pernah menjadi Ketua PP Pencak Silat Pagar Nusa pada 2012-2017 dan Ketua PP ISNU pada 2012-2017. 

Dua jabatan itu, dia tinggalkan begitu pada tahun 2015, KH Robikin Emhas terpilih sebagai Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU, karena ada larangan rangkap jabatan. KH Robikin kini, terpilih menjadi Staf Khusus Wapres KH Ma’ruf Amin, bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *