Ini 4 Ranperda Inisiatif Dewan Pesawaran

JARRAKPOSLAMPUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesawaran menginisiasi empat rancangan peraturan daerah dalam Rapat Paripurna Penyampaian Ranperda Prakarsa DPRD setempat, Jumat (13/05/2022).

Wakil Ketua DPRD Pesawaran, Paisaluddin yang memimpin paripurna tersebut mengatakan, DPRD mempunyai tugas dan wewenang, salah satunya menyusun peraturan daerah. Itu sebabnya, pihaknya berinisiatif menyusun Ranperda yang dinilai perlu dan betmanfaat bagi masyarakat.

“Anggota DPRD mempunyai hak inisiatif untuk menyusun rancangan peraturan daerah. Ada 4 Ranperda yang kami rancang,” Kata Paisal.

Untuk pembahasan produk hukum prakarsa DPRD tersebut, lanjut Politisi PAN itu, pihaknya menargetkan waktu satu minggu untuk menyelesaikan Ranperda tersebut.

Setelah Ranperda selesai dibahas, lanjut Paisal, selanjutnya akan ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“Kita targetkan dalam seminggu untuk pembahasannya. Untuk selanjutnya kita tetapkan,” tegas dia.

Wakil ketua DPRD Pesawaran Paisaludin menerima draf salah satu Ranperda dari Pimpinan Komisi

Setelah menjadi sebuah produk hukum, jelas Paisal, pihaknya segera akan menyosialisasikan regulasi tersebut sehingga dapat diimplementasikan. Di mana, pihaknya juga berharap produk hukum yang dihasilkan oleh eksekutif juga dapat disosialisasikan kepada masyarakat.

“Tentunya kalau sudah jadi Perda, akan kita sosialisasikan di masyarakat sehingga masyarakat memahami peraturan daerah yang ada. Termasuk juga Perda yang di buat oleh eksekutif, kita berharap juga dapat disosialisasikan sehingga dapat dipahami dan diaplikasikan,” tandasnya.

Ini 4 Ranperda tersebut :

1. Usulan Komisi I : Ranperda tentang perizinan berbasis resiko
2. Usulan Komisi II : Ranperda tentang perlindungan Koperasi dan UMKM
3. Usulan Komisi III : Ranperda tentang lalu lintas dan angkutan jalan
4. Usulan Komisi IV : Ranperda tentang pelaksanaan BLUD

(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *