Hidir : 2021 Pandemi Harus Berahir

Ansor, Kantor Staf Kepresidenan dan Perusahaan Eskrim Bagikan 5 Juta Masker

JARRAKPOSLAMPUNG – Di tahun 2021 Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) harus berahir. Ya, pandemi ini telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Dalam waktu singkat, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Karenanya, Gerakan Pemuda Ansor bersama Kantor Staf Kepresidenan dan perusaan eskrim (Aice Group) menginisiasi gerakan pentahelix dalam rangka mengedukasi masyarakat akan pentinya pola hidup sehat dengan menjalankan prokes.

Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Lampung, Hidir Ibrahim optimis jika apa yang dilakukan pihaknya akan mampu mengahiri pandemi, jika seluruh unsur masyarakat juga mengambil peran yang sama.

“Bandarlampung menjadi kota ke-18 yang disinggahi oleh GP Ansor, KSP dan Aice Group. Terdapat 150 ribu lembar masker medis yang didistribusikan oleh kegiatan kemanusiaan ini. Kita harus optimis di 2021 pandemi akan berahir,” kata Hidir saat peluncuran Distribusi 5 Juta Masker Medis bersama Aice Group dan Kantor Staf Presiden (KSP) di Pendopo Rumah Dinas Wakil Gubernur, Bandarlampung, Jumat (05/03/2021).

Lounching Gerakan Pentahelix yang diinisiasi Gerakan Pemuda Ansor, Kantor Staf Kepresidenan dan perusaan eskrim (Aice Group), dengan gerakan 5 juta masker di Lampung.

Menurut Hidir, kegiatan yang diinisiasi lembaganya adalah koalisi besar berbentuk pentahelix yang digagas bersama dengan KSP dan produsen es krim Aice dan beberapa pemangku kepentingan dari lintas kelompok dan organisasi. 

“Pemangku kepentingan yang terlibat dalam gerakan berbasis komunitas ini akan memberikan partisipasi aktif baik dalam mendistribusikan masker maupun melakukan edukasi tentang Prokes ke masyarakat yang rentan tertular,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Brand Manager Aice Group, Sylvana dalam kegiatan yang juga dihadiri Wagub Lampung, Chusnunia Chalim itu mengatakan, konsistensi dan sinergi kebijakan pemerintah daerah juga penting dalam mendisiplinkan warga, dalam upaya menekan Pandemi.

“Aice melihat adanya korelasi yang tinggi antara daya tahan masyarakat dalam melawan virus corona dengan kebijakan pemerintah yang partisipatif,” kata dia.

Pihaknya berharap, Lampung dapat terus menjaga perbaikan kondisi pandemi di wilayahnya dengan mengintegrasikan kebijakan pemerintah daerah dengan partisipasi para pemangku kepentingan.

“Perusahaannya menyadari betul partisipasi semua pihak menjadi kunci penting melawan virus berbahaya ini. Jejaring warung yang menjual es krim Aice juga ikut berpartisipasi dalam gerakan Masker Medis untuk Indonesia Maju ini,” tuturnya.

Sementara, Wagub Lampung, Chusnunia Chalim dalam sambutannya menuturkan, walau pun saat ini vaksinasi tahap satu telah rampung dan segera masuk tahap dua, Pemerintah Provinsi Lampung akan tetap meminta warganya disiplin menggunakan masker dan menjalankan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

“Vaksinasi tidak bisa menjadi alasan bagi warga Lampung lengah terhadap bahaya penularan. Vaksinasi tahap kedua yang akan kembali dijalankan di Lampung, akan dibarengi dengan upaya Pemerintah Daerah menjaga kedisiplinan dalam menekan penularan covid-19 lewat Protokol Kesehatan yang baik dalam aktfitas warga,” jelas dia.

Masker medis, lanjut dia, menjadi komponen yang penting bagi proses vaksinasi yang berjalan. Ia berharap distribusi masker medis berkualitas ini akan memperkuat upaya kolektif koalisi stakeholder yang pas dalam menjagai masyarakat di wilayahnya.

“Edukasi soal masker serta 3M memerlukan partisipasi semua elemen pentahelix ini. Pemprov Lampung mengapresiasi gerakan masker medis ini. Mudah-mudahan kerjasama ini akan makin mengurangi wilayah kita yang masih merah dan oranye dan pemetaan pandemi,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *