Final, Eva-Deddy Pemenang Pilkada

Dilantik 25 Februari 2021

JARRAKPOSLAMPUNG – Setelah melalui drama politik yang panjang, ahirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung resmi menetapkan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana-Deddy Amarullah sebagai pemenang Pilkada Kota Bandarlampung, di Ballroom Swissbell Hotel, Kamis (18/02/2021).

Pada rapat pleno yang dipimpin langsung Ketua KPU Kota Bandarlampung, Dedi Triyadi tersebut siketahui pasangan Eva-Deddy meraih suara terbanyak dengan total 249.241 suara.

“Dengan ini menetapkan dan mengesahkan calon wali kota dan wakil wali kota Bandarlampung terpilih, Eva Dwiana-Deddy Amarullah dengan  perolehan sebanyak 249.241 suara di Pilkada Bandarlampung,” kata Dedi Triyadi.

Rapat pleno penetapan pasangan Eva Dwiana-Deddy Amrullah sebagai pemenang Pilkada Bandarlampung, Kamis (18/02/2021).

Eva Dwiana pun tak mampu menahan haru ketika diwawancarai awak media. Istri mantan Walikota Herman HN itu pun mengungkap syukur dan menyebut kemenangan tersebut sebagai kemenangan masyarakat Bandarlampung.

“Ini merupakan hasil dari perjuangan masyarakat Kota Bandarlampung. Insya Allah siang ini langsung diparipurnakan. Terimakasih masyarakat Bandarlampung dan semua pihak yang sudah mendoakan, ini luar biasa,” kata Eva, seraya menyeka air mata.

Setelah dilantik nanti, lanjutnya, dirinya tidak akan membuat target untuk 100 hari kerja. Kendati demikian, founder Majelis Rahmat Hidayat itu berkomitmen untuk terus berjuang dan bekerja maksimal untuk warga kota.

“Enggak ada 100 hari, kami akan kerja maksimal untuk masyarakat. Kita kerjasama dengan media dan semua pihak,” singkatnya.

Dari informasi yang dihimpun, hasil pleno penetapan calon terpilih, salinan putusan akan langsung diserahkan ke DPRD Kota Bandarlampung, untuk diparipurnakan.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandarlampung yang baru ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandarlampung, Badri Tamam mengatakan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih akan dilantik pada tanggal 25 atau 26 Februari 2021, pekan depan.

“Insyaallah kalau tidak ada halangan, Kamis 18 Februari besok, kita akan melaksanakan pleno di KPU Kota dilanjutkan dengan paripurna di DPRD. Selanjutnya hasil dari DPRD Kota akan disampaikan ke Menteri Dalam Negeri melalui Pak Gubernur,” kata Badri.

Pelantikan kepala daerah terpilih dijadwalkan berlangsung virtual sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Otonomi Daerah.

“Tapi dari Pemprov, karena yang dilantik itu terbatas, masih mengupayakan pelantikan secara langsung oleh Pak Gubernur kepada seluruh kepala daerah. Ini yang masih dikoordinasikan tapi arahannya virtual,” jelas dia. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *