Dosen Unila Siapkan Desa Tahan Pangan

Gelar PKM di Rajabasa Lama Lamtim

JARRAKPOSLAMPUNG – Mengusung tema Penggalian Potensi Sumber Daya Manusia Dalam Mempersiapkan Desa Tahan Pangan, sejumlah Sosen Univeraitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Rajabasa Lama, Lampung Timur, Minggu (22/008/2021).

“Ya, kami melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, yang merupakan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi, dimana dosen berkewajiban untuk pengajaran, pengabdian dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Ketua Kelompok Pengabdian, Siti Khoiriyah, SHI., MH, Minggu siang.

Dalam kegiatan yang beranggotakan, Rudy, S.H., LL.M., LL.D., Dr. Mualimin, S.Pd.I., M.Pd.I dan Yeni Elisdiana, S.Pi., M.Si itu terfokus pada dua segmentasi, yaitu pelatihan pertanian dan perikanan. Kedua fokus tersebut merupakan hasil survey yang dilakukan oleh tim pengabdian yang dilakukan sebelumnya terkait dengan potensi peningkatan sumber daya masyarakat dalam menciptakan ketahanan pangan di desa Rajabasa Lama Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah persiapan pembibitan.

“Desa Rajabasa Lama memiliki potensi alam yang sangat kaya, dimana lahan pertanian yang luas dan kemauan  masyarakat yang tinggi untuk menjadikan wilayahnya tersebut sebagai desa sentra pertanian,” lanjut perempuan yang akrab disapa Siti itu.

Tidak hanya itu, tambah Siti, disisi perikanan, masyarakat di desa tersebut banyak yang telah membudidayakan ikan dengan memanfaatkan pekarangan rumah mereka sebagai kolam ikan.

“Terkait dengan pertanian dan perikanan, Pemerintah Desa memiliki konsentrasi untuk mengembangkan potensi alam dan potensi sumber daya manusianya,” tuturnya.

Dengan kegiatan tersebut, pihaknya berharap kedepan masyarakat lebih mandiri dalam menciptakan ketahanan pangan. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *