Dituding Masuk Angin, Bawaslu : Semua Kami Proses Sesuai Aturan

JARRAKPOSLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran menepis tudingan salah satu pendukung Pasangan Calon (Paslon), bahwa Bawaslu Pesawaran tidak netral dan terinsikasi masuk angin (terima suap).

“Tidak benar itu. Itu tudingan yang membabibuta. Seluruh laporan yang kami terima, kami proses sesuai aturan,” kata Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando kepada jarrakposlampung.com.

Menurut Ryan, tudingan kepada pihaknya tersebut berkaitan dengan laporan salah satu warga, Mualim Taher terhadap incumbent Dendi Ramadhona yang diduga melakukan money politik.

“Apa yang menjadi dasar laporan tersebut sudah kami identifikasi dan kami tetap melalukan pemeriksaan terhadap terlapor. Jadi tidak ada tebang pilih, semua kami proses sesuai peraturan,” tegasnya.

Berkaitan dengan materi laporan, jelas Ryan, Mualim Taher melaporkan prihal penyerahan bantuan yang dilakukan Dendi Ramadhona kepada Ormas Nahdlatul Ulama (NU) 25 September 2020 lalu.

Sementara, kata dia, di tanggal tersebut, terlapor belum masuk masa cuti. Artinya terlapor masih sah sebagai Bupati Pesawaran.

ilustrasi Pilkada

“Pengawasan kampanye dimulai 26 September 2020. Tapi kita akan tindak lanjuti informasi awal yang disampaikan ke kami. Sebelumnya kami sudah menangani permasalahan ini,” jelas dia.

Senada, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugino menjelaskan, pelaksanaan kampanye dilakukan mulai dari 26 September sampai 5 Desember 2020.

“Jadi kalau bupati incumbent mencalonkan diri lagi sebagai calon, secara otomatis di tanggal 26 September dirinya sudah cuti sebagai bupati. Jadi pada tanggal 25 masih menjadi bupati,” jelas Yatin.

Sebelumnya Mualim Taher, Senin, 19 Oktober 2020, mendatangi Kantor Bawaslu Pesawaran untuk membuat laporan dugaan pelanggaran money politic yang dilakukan paslon Dendi-Marzuki, terkait bantuan pembangunan kantor PCNU Pesawaran yang diberikan pada tanggal 25 September. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *