Dipanggil KPU RI, Lilis Masih Berkelit

Kumpulkan Data, KPU RI Segera Pleno

JARRAKPOSLAMPUNG – Terlapor kasus dugaan suap yang juga peserta seleksi Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) Kabupaten Pesawaran, Lilis Pujiati masih keukeh mengaku tidak tahu terkait tuduhan yang ditimpahkan pada dirinya.

Demikian diakui Lilis dihadapan Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting dan Inspektur Auditor KPU RI, Adiwijaya Bakti di ruang rapat pleno Sekretariat KPU Provinsi Lampung,  Kamis (14/11/2019).

“Ya, saya dimintai klarifikasi terkait tuduhan kepada saya. Saya jawab tidak tahu soal itu,” singkat Lilis menjawab pertanyaan wartawan usai dimintai klarifikasi oleh KPU RI.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting mengatakan, kedatangannya bersama Auditor guna mengetahui lebih dalam terkait informasi yang terjadi pada proses rekrutmen komisioner KPU kabupaten/kota.

“Kedatangan kami guna meminta klarifikasi kepada pihak-pihak terkait persoalan rekrutmen. Jika memang ada bukti-bukti yang bisa disampaikan kami siap menerima, ” kata Evi.

Hasil audit yang dilakukan pihaknya, lanjut Evi akan diplenokan di KPU RI, sembari menunggu hasil dari DKPP dan kepolisian.

“Kan sudah di DKPP dan kepolisian. Kita tunggu dulu hasinya. Kalau berkaitan dengan hasil audit, tentu akan kami plenokan di KPU RI,” tutur Evi.

Lalu sanksi apa yang akan diberikan kepada para terlapor? Evi menjelaskan, pihaknya belum akan mengambil keputusan apapun sebelum ada keputusan dari DKPP dan Kepolisian.

“Kita tunggu dulu, jika memang sudah ada keputusan, baru kami bisa mengambil sikap. Sembari menunggu itu,  kami juga mencari informasi dan data yang bisa kita jadikan pertimbangan mengambil keputusan, ” jelasnya.

Diketahui, dugaan adanya praktik uang pelicin dalam seleksi KPU kabupaten/kota se-Lampung berujung pada dilaporkannya komioner KPU Lampung, Esti Nur Fatonah ke DKPP dan peserta seleksi KPU Pesawaran, Lilis Pujiati ke Mapolda Lampung oleh suami dari peserta seleksi KPU Tulang Bawang, Viza Yelisanti Putri yakni Gunter Sumedi. (ris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *